Selamat datang di wiaamrifqi.com

Mengenal Lebih Dalam tentang 16 Tipe Kepribadian dalam Program MBTI

Tipe Kepribadian dalam Program MBTI

MBTI atau Myers-Briggs Type Indicator adalah salah satu program yang digunakan untuk mengukur tipe kepribadian seseorang. Dalam program ini, ada 16 tipe kepribadian yang diukur berdasarkan empat dimensi yang meliputi ekstrovert/introvert, sensing/intuition, thinking/feeling, dan judging/perceiving.

Apa itu MBTI?

MBTI adalah salah satu program yang digunakan untuk mengukur tipe kepribadian seseorang. Program ini dikembangkan oleh Isabel Briggs Myers dan Katherine Briggs berdasarkan teori psikolog Swiss, Carl Jung.

Dengan menggunakan tes MBTI, seseorang dapat mengetahui tipe kepribadian mereka yang terdiri dari empat dimensi, yaitu ekstrovert/introvert, intuitif/sensorik, pemikir/perasa, dan pengambil keputusan/penalaran.

16 Tipe Kepribadian dalam Program MBTI

1. ISTJ (Introvert-Sensing-Thinking-Judging)

ISTJ adalah tipe kepribadian yang penuh dengan kesabaran, keteraturan, dan detail. Mereka cenderung fokus pada hal-hal yang konkret dan memerlukan waktu untuk memproses informasi baru.

Tipe kepribadian ISTJ biasanya mempunyai integritas yang tinggi, konsisten, dan terorganisir dengan baik. Mereka juga cenderung menjadi pekerja keras yang dapat diandalkan dan bertanggung jawab.

2. ISFJ (Introvert-Sensing-Feeling-Judging)

ISFJ adalah tipe kepribadian yang peka terhadap perasaan orang lain, cenderung bertanggung jawab, dan sangat memperhatikan detail. Mereka juga cenderung memprioritaskan nilai-nilai tradisional dan memiliki rasa hormat yang tinggi terhadap otoritas.

Tipe kepribadian ISFJ biasanya menjadi pribadi yang sangat sabar, pekerja keras, dan terstruktur dengan baik. Mereka sering kali menjadi panutan bagi orang-orang di sekitar mereka, karena kemampuan mereka untuk berempati dan memperhatikan kebutuhan orang lain.

3. INFJ (Introvert-Intuition-Feeling-Judging)

INFJ adalah tipe kepribadian yang peka terhadap perasaan orang lain, peka terhadap lingkungan, dan bersemangat untuk mencapai tujuan mereka. Mereka juga cenderung mencari makna dari setiap pengalaman dan memiliki ketertarikan yang kuat terhadap hal-hal abstrak.

Baca Juga: Rahasia Sukses Dapatkan Pekerjaan Impianmu: CV ATS Friendly!

4. INTJ (Introvert-Intuition-Thinking-Judging)

INTJ adalah tipe kepribadian yang sangat analitis, mandiri, dan berorientasi pada tujuan. Mereka cenderung lebih tertarik pada gagasan dan konsep daripada hal-hal yang konkret, dan selalu mencari cara untuk meningkatkan diri.

Tipe kepribadian INTJ juga dikenal memiliki kemampuan berpikir kritis yang sangat tajam, serta sering kali mempunyai visi jangka panjang yang jelas dan terarah. Meskipun terkadang dapat terlihat dingin dan terlalu fokus pada tujuan, namun INTJ tetap dapat menjadi sosok yang inspiratif bagi banyak orang.

5. ISTP (Introvert-Sensing-Thinking-Perceiving)

ISTP adalah tipe kepribadian yang sangat terampil secara teknis dan cenderung menyukai tantangan. Mereka juga cenderung tidak terlalu tertarik pada peraturan dan prosedur, dan senang dengan hal-hal yang praktis.

6. ISFP (Introvert-Sensing-Feeling-Perceiving)

INTJ adalah tipe kepribadian yang sangat analitis, mandiri, dan berorientasi pada tujuan. Mereka cenderung lebih tertarik pada gagasan dan konsep daripada hal-hal yang konkret, dan selalu mencari cara untuk meningkatkan diri.

Tipe kepribadian INTJ juga dikenal memiliki kemampuan berpikir kritis yang sangat tajam, serta sering kali mempunyai visi jangka panjang yang jelas dan terarah. Meskipun terkadang dapat terlihat dingin dan terlalu fokus pada tujuan, namun INTJ tetap dapat menjadi sosok yang inspiratif bagi banyak orang.

7. INFP (Introvert-Intuition-Feeling-Perceiving)

INFP adalah tipe kepribadian yang sangat idealis dan kreatif. Mereka cenderung memiliki nilai-nilai moral yang kuat dan selalu mencari makna dalam hidup.

Tipe kepribadian INFP juga cenderung peka terhadap perasaan orang lain, dan sering kali menjadi sosok yang mendukung dan memotivasi orang lain untuk mencapai potensi mereka yang sebenarnya. Mereka juga sangat kreatif dan cenderung memiliki bakat dalam seni dan sastra.

Meskipun terkadang sulit bagi INFP untuk mengambil keputusan yang tegas, namun idealisme mereka dan kepekaan mereka terhadap nilai-nilai kemanusiaan menjadikan mereka pribadi yang sangat berharga dalam menciptakan perubahan positif dalam masyarakat.

8. INTP (Introvert-Intuition-Thinking-Perceiving)

Dalam konteks tipe kepribadian MBTI, INTP adalah salah satu tipe yang sangat unik. Mereka cenderung fokus pada teori dan konsep, serta memiliki cara berpikir yang sangat analitis. Terlepas dari itu, INTP juga memiliki beberapa sifat yang cukup kompleks dan menarik untuk dipelajari.

Salah satunya adalah kecenderungan mereka yang sangat logis, skeptis, dan selalu mencari penjelasan rasional untuk setiap hal yang mereka temukan.

9. ESTP (Ekstrovert-Sensing-Thinking-Perceiving)

Dalam program MBTI, ESTP adalah tipe kepribadian yang sangat menarik untuk dipelajari. Mereka adalah individu yang sangat aktif dan dinamis, suka berpetualang dan selalu mencari kegembiraan.

Meskipun terkadang terlihat impulsif, ESTP juga memiliki kemampuan beradaptasi yang baik dan terbuka terhadap pengalaman baru.

10. ESFP (Ekstrovert-Sensing-Feeling-Perceiving)

Dalam MBTI, terdapat tipe kepribadian ESFP yang memiliki sifat yang sangat ramah, senang bersosialisasi, dan senang menjadi pusat perhatian.

Namun, sifat mereka yang senang mengambil risiko dan membutuhkan perhatian dari orang lain kadang membuat mereka cenderung kehilangan fokus pada tujuan yang ingin dicapai.

Baca Juga: Tips Agar Pekerjaan Yang Mencarimu: Bangun Personal Branding!

11. ENFP (Ekstrovert-Intuition-Feeling-Perceiving)

Selain itu, ENFP juga cenderung memiliki kemampuan untuk memotivasi orang lain dan menunjukkan kepedulian yang tinggi terhadap orang-orang di sekitarnya.

12. ENTP (Ekstrovert-Intuition-Thinking-Perceiving)

Sebagai tambahan, ENTP juga memiliki kemampuan untuk beradaptasi dengan cepat pada situasi yang berubah dan seringkali terlihat sebagai sosok yang sangat ekspresif dalam berbicara.

13. ESTJ (Ekstrovert-Sensing-Thinking-Judging)

Salah satu tipe kepribadian yang di kenal dengan kecenderungan terorganisir, efektif, dan praktis adalah ESTJ. Mereka memiliki kecenderungan untuk mengutamakan tugas-tugas yang harus di selesaikan dan membutuhkan kejelasan dan struktur dalam hidup mereka.

14. ESFJ (Ekstrovert-Sensing-Feeling-Judging)

ESFJ adalah tipe kepribadian yang sangat peduli terhadap orang lain, berempati, dan suka membantu. Mereka cenderung sangat menghargai tradisi dan kepercayaan, dan senang membangun hubungan yang kuat dengan orang lain.

15. ENFJ (Ekstrovert-Intuition-Feeling-Judging)

Untuk memperjelas lebih lanjut mengenai tipe kepribadian lainnya, selain ESTJ, terdapat tipe kepribadian ENFJ yang juga layak untuk diketahui. Tipe kepribadian ENFJ sangat sosial, berempati, dan peduli terhadap orang lain. Mereka cenderung senang membantu orang lain, memiliki visi yang besar, dan mampu mempengaruhi orang lain untuk mencapai tujuan yang sama.

16. ENTJ (Ekstrovert-Intuition-Thinking-Judging)

ENTJ adalah tipe kepribadian yang sangat analitis, berorientasi pada tujuan, dan suka memimpin. Mereka cenderung sangat efektif dalam mencapai tujuan, bersemangat dalam menghadapi tantangan, dan memiliki kemampuan untuk memotivasi orang lain.

Penting untuk diingat bahwa program MBTI hanya merupakan alat bantu dan tidak mengukur keseluruhan kepribadian seseorang. Kepribadian seseorang sangat kompleks dan di pengaruhi oleh banyak faktor seperti pengalaman hidup, lingkungan, dan keadaan emosional saat itu.

Setiap tipe kepribadian memiliki kekuatan dan kelemahan yang berbeda, serta cenderung mengambil pendekatan yang berbeda dalam menjalani hidup.

Namun, dengan memahami tipe kepribadian seseorang, kita dapat lebih memahami bagaimana mereka berinteraksi dengan dunia di sekitar mereka dan membantu kita dalam berkomunikasi dengan mereka secara lebih efektif.