Selamat datang di wiaamrifqi.com

Rahasia Sukses Dapatkan Pekerjaan Impianmu: CV ATS Friendly!

cv ats friendly

Melamar pekerjaan merupakan proses penting yang tidak boleh terlewatkan untuk mengirimkan CV diri yang terbaik. Namun, dengan banyaknya pelamar yang berkompetisi, membuat persaingan semakin ketat.

Oleh karena itu, penting bagi para pencari kerja untuk mempelajari cara melamar pekerjaan yang benar, salah satunya adalah menggunakan CV ATS friendly.

Dalam artikel ini, kita akan membahas cara melamar pekerjaan auto dilirik HRD menggunakan CV ATS friendly yang efektif. Yuk, pelajari rahasia suksesnya di bawah ini!

Apa itu CV ATS Friendly?

Orang membuat CV ATS friendly sedemikian rupa sehingga sistem ATS (Applicant Tracking System) bisa memilihnya pada tahap awal seleksi. Banyak perusahaan menggunakan sistem ATS ini untuk melakukan seleksi CV secara otomatis.

Software ATS menganalisis dan memindai CV yang masuk untuk mencari kata kunci yang relevan dengan posisi yang dibutuhkan . Jika CV yang kamu kirimkan tidak memiliki kata kunci yang relevan, maka CV tersebut tidak akan melewati seleksi awal dan kamu akan kehilangan kesempatan untuk dipanggil untuk wawancara kerja.

Pentingnya CV ATS Friendly Dalam Melamar Pekerjaan

CV ATS friendly menjadi sangat penting dalam melamar pekerjaan, terutama bagi para pencari kerja yang ingin melamar di perusahaan besar dan terkenal. Beberapa alasan mengapa CV ATS friendly sangat penting adalah:

  • Perusahaan banyak menggunakan ATS
  • Mempercepat proses seleksi kandidat
  • Meningkatkan kesan positif pada HRD
  • Meningkatkan profesionalisme
  • Meminimalisir kesalahan
  • Meningkatkan peluang Anda untuk mendapatkan pekerjaan

Baca Juga: Mendapat Panggilan Wawancara? Intip Beberapa Tips Dibawah Ini!

Lalu, apa saja yang perlu kamu perhatikan dalam membuat CV ATS Friendly?

1. Pilih Template yang Sesuai

Pilih template yang sesuai dengan jenis pekerjaan yang kamu lamar. Template yang tepat akan memudahkan HRD dalam membaca CV kamu. Pastikan template yang kamu gunakan memiliki struktur yang jelas dan tidak terlalu rumit.

2. Fokus pada Skill dan Pengalaman Kerja yang Relevan

Fokus pada skill dan pengalaman kerja yang relevan dengan jenis pekerjaan yang kamu lamar. Hindari mencantumkan pengalaman kerja yang tidak relevan atau terlalu lama. Sebisa mungkin, cantumkan pengalaman kerja yang relevan dalam 10 tahun terakhir.

3. Gunakan Keyword

Penggunaan keyword yang relevan dengan jenis pekerjaan yang kamu lamar dapat meningkatkan peluang CV kamu untuk terbaca oleh sistem ATS. Pastikan untuk tidak terlalu banyak menggunakan keyword sehingga CV kamu tetap terlihat natural dan mudah dibaca.

4. Gunakan Format yang Jelas dan Mudah Dibaca

Pastikan format CV kamu mudah dibaca dan tidak terlalu rumit. Gunakan font yang mudah di baca dan hindari penggunaan warna yang terlalu mencolok atau kontras. Jangan lupa untuk menggunakan bullet point atau numbering untuk memudahkan pembacaan.

Baca Juga: Bagaimana Cara Alih Profesi yang Benar?

Bagaimana cara agar CV ATS Anda bisa kompetitif dengan pelamar lain?

Dalam dunia kerja yang kompetitif saat ini, menjadi lebih kompetitif dalam melamar pekerjaan merupakan suatu hal yang sangat penting untuk dilakukan. Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda menjadi lebih kompetitif dalam melamar pekerjaan:

1. Meningkatkan Kualifikasi dan Pengalaman Kerja

Untuk menjadi lebih kompetitif dalam melamar pekerjaan, Anda perlu meningkatkan kualifikasi dan pengalaman kerja Anda.

Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan mengambil kursus atau pelatihan terkait bidang pekerjaan yang di minati, atau memperoleh sertifikasi yang dapat meningkatkan kredibilitas Anda di mata perusahaan.

Selain itu, pengalaman kerja juga sangat penting untuk di perhatikan. Cobalah untuk mendapatkan pengalaman kerja yang relevan dengan bidang pekerjaan yang di minati, baik melalui magang atau pekerjaan paruh waktu.

2. Menyesuaikan CV dengan ATS Friendly

CV atau curriculum vitae merupakan dokumen penting dalam melamar pekerjaan. Untuk meningkatkan peluang di terima di perusahaan yang Anda inginkan, pastikan CV Anda mudah di baca oleh sistem ATS (Applicant Tracking System).

Hal ini dapat di lakukan dengan menghindari penggunaan tabel atau grafik yang rumit, serta memperhatikan penggunaan kata kunci yang relevan dengan bidang pekerjaan yang di minati.

3. Memperhatikan Penampilan dan Etika dalam Wawancara Kerja

Setelah berhasil melewati tahap seleksi CV, Anda akan di undang untuk wawancara kerja. Dalam wawancara kerja, selain memperhatikan penampilan yang rapi dan profesional, pastikan Anda juga memperhatikan etika dan sopan santun.

Berikan jawaban yang jujur dan relevan dengan pertanyaan yang di ajukan, dan perlihatkan keinginan serta semangat yang tinggi untuk bekerja di perusahaan tersebut.

4. Mengembangkan Kemampuan Interpersonal dan Kepribadian yang Menarik

Kemampuan interpersonal dan kepribadian yang menarik juga sangat penting untuk diperhatikan dalam melamar pekerjaan. Hal ini meliputi kemampuan berkomunikasi, berkolaborasi dengan tim, serta memiliki inisiatif dan kemampuan problem solving yang baik.

Cobalah untuk mengembangkan kemampuan-kemampuan ini melalui pengalaman kerja atau kursus-kursus terkait.

Dalam menjalani proses melamar pekerjaan, perlu di ingat bahwa kesabaran dan ketekunan juga sangat di butuhkan. Terus tingkatkan kualifikasi dan pengalaman kerja Anda, serta jangan menyerah meskipun mengalami kegagalan dalam beberapa kali melamar pekerjaan.

Semoga tips-tips di atas dapat membantu Anda menjadi lebih kompetitif dalam melamar pekerjaan impianmu!