Pengertian infografis

Pengertian Infografis dan Jenisnya Terhadap Media Informasi

Mengenal pengertian dan jenis infografis khususnya sebagai media informasi publik.  Media komunikasi makin ke sini semakin banyak akan jenisnya. Namun, tujuannya ialah sama yaitu untuk memberikan akan berita baik yang bersifat verbal maupun non verbal.  Dalam memberikan informasi baik pihak maupun media lain tentu sangat berbeda. Tergantung bagaimana cara mereka mengapresiasikan diri dan tindakannya. Namun jangan salah, media komunikasi memberikan kita kemudahan dalam setiap waktu. Berbagai hal dapat kita mengerti dengan adanya media komunikasi. Salah satu media komunikasi yang populer dikalangan masyarakat ialah media telekomunikasi infografis.

Lalu, apa sebenarnnya infografis itu? Supaya mendapatkan jawaban terkait secara lengkap dan menyeluruh maka silakan untuk membaca informasi ini sampai selesia! Lantas, inilah pengertian infografis dan jenisnya yang perlu diketahui.

Pengertian Infografis dan Jenisnya Terhadap Media Informasi

Dan dibawah ini ialah ulasan terlengkapnya!

Pengertian

Media infografis merupakan media informasi yang berbentuk teks, serta kerap kali dipadukan dengan elemen visual, audio, dan lain sebagainya. Media ini digunakan untuk menginformasikan jenis ilmu pengetahuan maupun berita terkini dengan sasaran-sasaran tertentu sesuai kebutuhan yang ada.

Semakin baik penyampaian akan informasi tersebut, maka audience akan lebih mudah mengerti. Sehingga tujuan daripada pembuatan akan media infografis tentu sangat tepat, mengingat banyak akan informasi yang tidak penting dan tidak benar akan sumber maupun cara dalam menyampaikannya.

pengertian infografis

Jenis-jenis infografis

●   Statis

Salah satu media infografis pertama yang sangat populer untuk menjelaskan akan bahan yang dibawakan oleh pengguna ialah jenis infografis statis. Dimana jenis yang satu ini tidak menampilkan audio atau animasi yang bergerak. Akan tetapi jenis infografis ini berisfat sederhana, yaitu dengan sebuah gambar ilustrasi yang memungkinkan para audience bisa mengerti daripada makna maupun materi yang disampaikan.

Kelebihan yang ada pada media informasi ini dibuat dengan ringkas serta tidak menggunakan metode yang rumit atau berbelit-belit.

Jenis media ini biasanya dipergunakan untuk mempresentasikan tugas maupun pekerjaan pada sebuah perusahaan. Selain lebih efektif, jenis media ini juga memberikan informasi yang mudah dimengerti.

●     Animasi

Jenis media infografis ke dua ialah jenis animasi. Jenis animasi sendiri memiliki 2 type, yaitu animasi 2D dan animasi 3D. Pada sebuah media animasi sendiri memiliki elemen penting, yang sering kita sebut dengan audio dan visual. Elemen ini dapat dipisahkan dan digabungkan sesuai dengan kebutuhan penggunanya.

Dengan media animasi sendiri, pengguna dapat membuat konten maupun bisnis dengan sempurna karena memperlihatkan akan visual yang mumpuni jika dibandingkan dengan media statis.

Banyak platform yang menggunakan animasi yang satu ini, salah satunya yaitu banyak dipergunakan untuk youtube  dan televisi. Mempermudah content creator untuk menyampaikan informasi yang bersifat edukatif maupun menghibur sekalipun.

●   Interaktif

Media interaktif menjadi salah satu jenis terakhir yang bisa didapatkan bila bertanya soal jenis infografis. Perbedaan antara media satu ini dengan yang lain itu terlihat dari sasaran dan tujuan akan informasi tersebut dibuat. Dimana pengguna dapat berinteraksi secara langsung tanpa mengguanakan platform tertentu. Hal ini akan memberikan kemudahan jika pengguna tidak mau repot membuat secarik informasi melalui surat atau gadget.

Seperti itulah ulasan lengkap mengenai pengertian dan jenis daripada infografis. Jika kamu membutuhkan jasa SEO untuk keperluan pengembangan website berupa artikel. Silakan untuk klik disini!

Wiaam Rifqi Abror

yang dapat menggapainya adalah si bodo yang terus berjalan

Recent Post