Panduan Asuransi untuk Pemula, banyak yang sudah membuktikan kemanjuranya!

Asuransi untuk Pemula  – Memilih jenis asuransi yang sesuai adalah keutamaan dari perencanaan keuangan dan kehidupan yang baik. Anda mungkin memiliki beberapa bentuk asuransi tetapi sangat sedikit yang benar-benar memahami apa itu dan mengapa seseorang harus memilikinya. Bagi kebanyakan orang, asuransi adalah bentuk investasi atau jalan penghematan pajak yang luar biasa. Tanyakan rata-rata orang tentang investasinya dan mereka akan dengan bangga menyebutkan produk asuransi sebagai bagian dari investasi inti mereka. Dari sekitar 5% orang yang memiliki asuransi , proporsi untuk asuransi  jauh lebih rendah. Padahal asuransi sangat penting bagi penyokong kehidupan. Berikut kami ulas panduan tepat untuk asuransi pemula.

 Apa itu Asuransi?

Asuransi adalah cara untuk menyebarkan risiko keuangan yang signifikan dari seseorang atau badan usaha kepada sekelompok besar individu atau badan usaha saat terjadi kecelakaan atau peristiwa memilukan lainnya yang telah di tentukan sebelumnya. Biaya pertanggungan adalah kompensasi bulanan atau tahunan yang di bayarkan kepada perusahaan asuransi. Asuransi dapat di cairkan jika terjadi peristiwa yang tidak di inginkan, namun jika peristiwa terjadi dalam periode masa habis asuransi maka uang kompensasi tidak bisa di per oleh  kembali. Asuransi secara efektif merupakan sarana untuk menyebarkan risiko di antara sekelompok orang yang mengansurasikan dan meringankan beban keuangan mereka jika terjadi peristiwa tidak di inginkan.

Tertanggung dan Penanggung

Ketika Anda mencari perlindungan terhadap risiko keuangan dan membuat kontrak dengan penyedia asuransi, Anda menjadi tertanggung dan perusahaan asuransi menjadi penanggung Anda. Namun untuk pemula, harus mempelajari dan menyelidiki perusahaan asuransinya dulu ya !

Uang pertanggungan

Dalam Asuransi Jiwa ini adalah jumlah uang yang di janjikan oleh penanggung / perusahaan untuk di bayarkan ketika tertanggung meninggal dunia sebelum waktu yang telah di tentukan. Ini tidak termasuk bonus yang di tambahkan dalam kasus asuransi non-jangka. Dalam asuransi non-jiwa, jumlah yang di jamin ini dapat di sebut sebagai Pertanggungan Asuransi.

Baca juga : Berapa Biaya Asuransi Mobil

Premium

Untuk perlindungan terhadap risiko keuangan yang di sediakan oleh perusahaan asuransi, tertanggung harus membayar kompensasi. Ini di kenal sebagai premi. Mereka dapat di bayar setiap tahun, triwulanan, bulanan atau seperti yang di putuskan dalam kontrak. Jumlah total premi yang di bayarkan beberapa kali lebih rendah daripada pertanggungan asuransi atau tidak masuk akal untuk mencari asuransi sama sekali di sini biasanya  banyak pemula yang kurang memahami sistem asuransi. Faktor-faktor yang menentukan premi adalah pertanggungan, jumlah tahun asuransi yang di cari, usia tertanggung (perorangan, kendaraan, dll), untuk beberapa nama.

Calon

Penerima manfaat yang di tentukan oleh tertanggung untuk menerima uang pertanggungan dan manfaat lainnya, jika ada adalah nominee. Dalam hal asuransi jiwa harus orang lain selain dari tertanggung.

Istilah Kebijakan

Jumlah tahun yang Anda inginkan untuk perlindungan adalah jangka waktu polis. Jangka waktu di tentukan oleh tertanggung pada saat membeli polis asuransi.

Pengendara

Polis asuransi tertentu mungkin menawarkan fitur tambahan sebagai tambahan selain dari pertanggungan yang sebenarnya. Ini dapat di cairkan dengan membayar premi tambahan. Jika fitur-fitur itu di beli secara terpisah, harganya akan lebih mahal. Misalnya Anda dapat menambahkan pengendara kecelakaan pribadi dengan asuransi jiwa Anda.

Nilai Penyerahan dan Nilai yang Dibayarkan

Jika Anda ingin keluar dari polis sebelum masa berlakunya berakhir, Anda dapat menghentikannya dan mengambil kembali uang Anda. Jumlah yang akan di bayarkan oleh perusahaan asuransi kepada Anda dalam hal ini disebut nilai penyerahan. Kebijakan itu tidak ada lagi. Sebaliknya jika Anda hanya berhenti membayar premi di tengah jalan tetapi tidak menarik uang, jumlah tersebut disebut sebagai disetor. Pada akhir jangka waktu, perusahaan asuransi membayar Anda secara proporsional dari nilai yang di bayarkan.

Sekarang setelah Anda mengetahui istilah-istilahnya, inilah cara kerja asuransi dengan kata-kata sederhana. Perusahaan Asuransi mengumpulkan premi dari sekelompok besar orang yang ingin mengasuransikan jenis kerugian tertentu. Dengan bantuan aktuarisnya, perusahaan membuat analisis statistik tentang kemungkinan kerugian aktual yang terjadi pada sejumlah orang tertentu dan memperbaiki premi dengan mempertimbangkan faktor-faktor lain seperti yang di sebutkan sebelumnya. Ia bekerja pada kenyataan bahwa tidak semua tertanggung akan menderita kerugian pada saat yang sama dan banyak yang mungkin tidak menderita kerugian sama sekali dalam waktu kontrak.

Jenis – jenis  Asuransi untuk pemula di jamin manjur

Berpotensi setiap risiko yang dapat di ukur dalam bentuk uang dapat di asuransikan. Untuk melindungi orang yang di cintai dari kehilangan pendapatan karena kematian dini seseorang dapat memiliki polis asuransi jiwa. Untuk melindungi diri Anda dan keluarga Anda dari biaya pengobatan yang tidak terduga, Anda dapat memilih polis Mediclaim. Guna Mengamankan kendaraan Anda dari perampokan atau kerusakan akibat kecelakaan, Anda dapat memiliki polis asuransi kendaraan bermotor. Untuk melindungi rumah Anda dari pencurian, kerusakan akibat kebakaran, banjir dan bahaya lainnya Anda dapat memilih asuransi rumah. Bagi pemula untuk asuransi biasanya cenderung lebih takut, pelajari Jenis asuransinya.

Bentuk asuransi untuk pemula yang paling populer adalah asuransi jiwa, asuransi kesehatan dan asuransi kendaraan bermotor. Selain dari ini ada bentuk lain juga yang di bahas secara singkat dalam paragraf berikut. Sektor asuransi di atur dan di pantau oleh IRDA (Insurance Regulatory and Development Authority).

Asuransi jiwa

Bentuk asuransi ini memberikan perlindungan terhadap risiko keuangan jika terjadi kematian dini dari tertanggung. Ada beberapa bentuk polis asuransi jiwa yang paling sederhana adalah term plan. Kebijakan kompleks lainnya adalah rencana endowmen, rencana seumur hidup, rencana uang kembali, ULIP dan anuitas.

Asuransi umum

Semua polis asuransi lain selain Asuransi Jiwa termasuk dalam Asuransi Umum. Porsi terbesar dari asuransi non-jiwa dalam hal premi yang di tanggung di bagi oleh asuransi kendaraan bermotor di ikuti oleh asuransi teknik dan asuransi kesehatan. Bentuk asuransi lain yang di tawarkan oleh perusahaan biasanya adalah asuransi rumah, asuransi perjalanan, asuransi kecelakaan diri, dan asuransi bisnis.

Membeli Asuransi untuk pemula

Ada beberapa kebijakan yang bisa di pilih. Karena kita tidak dapat meramalkan masa depan kita dan menghentikan hal-hal yang tidak menyenangkan terjadi, memiliki perlindungan asuransi adalah suatu keharusan. Tetapi Anda harus memilih dengan hati-hati. Jangan hanya mengikuti apa yang di katakan agen kepada Anda. Baca dokumen polis untuk mengetahui apa saja yang di tanggung, fitur apa saja yang di tawarkan dan kejadian apa saja yang di kecualikan dari pertanggungan.

1. Ketahui Kebutuhan Anda

Untuk pemula yang mulai asuransi biasanya belum tahu langkah awal untuk melakukannya. Pertama tentukan aset atau kejadian apa yang harus di lindungi dari kehilangan/kerusakan. Apakah Anda hidup, kesehatan, kendaraan, rumah? Selanjutnya tentukan jenis kerusakan atau bahaya apa yang paling mungkin terjadi pada aset tersebut. Ini akan memberi tahu Anda fitur apa yang harus Anda cari dalam suatu kebijakan. Tentu saja akan ada kerugian yang tidak dapat di perkirakan sebelumnya dan biaya penanganannya bisa sangat tinggi. Misalnya tidak ada yang bisa memprediksi bahwa mereka tidak akan pernah menderita penyakit kritis tidak peduli apakah mereka sehat sempurna saat ini.

Kesalahan terbesar dalam membeli asuransi untuk pemula adalah memandangnya sebagai investasi. Asuransi clubbing dan investasi dalam satu produk adalah ide yang buruk. Anda kalah di kedua sisi karena premi yang Anda bayarkan lebih banyak pertanggungan bisa di dapat dalam rencana berjangka dan jika premi di investasikan dalam instrumen yang lebih baik, pengembalian Anda bisa beberapa kali lebih banyak.

Baca juga : Produk Asuransi Terbaik yang Bisa Dipilih Sesuai Kebutuhan Anda

Waspadalah terhadap agen yang ingin membujuk Anda untuk membeli polis yang tidak perlu seperti asuransi jiwa anak, asuransi kartu kredit, asuransi pengangguran, dan sebagainya. Alih-alih membeli asuransi terpisah untuk aset atau insiden tertentu, carilah polis yang mencakup sejumlah kemungkinan peristiwa di bawah pertanggungan yang sama. Jika memungkinkan, pilih pengendara yang masuk akal daripada membelinya secara terpisah. Kecuali ada kemungkinan yang adil dari suatu peristiwa terjadi, Anda tidak memerlukan asuransi untuk itu. Misalnya, kecuali Anda sangat rentan terhadap kecelakaan dan kecacatan karena sifat pekerjaan Anda atau alasan lain, Anda tidak memerlukan polis Asuransi Kecelakaan. Polis Asuransi Jiwa yang baik dengan pengendara kematian yang tidak disengaja atau pengabaian pengendara premi atau pengendara pendapatan cacat akan melakukan pekerjaan itu.

2. Pahami Fitur dan Biaya Produk

Cara terburuk dalam memilih produk asuransi atau perusahaan asuransi adalah dengan membabi buta mengikuti rekomendasi agen atau teman. Cara yang baik untuk melakukannya adalah dengan mencari produk yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan menyaring produk yang menawarkan premi lebih rendah untuk persyaratan serupa seperti usia, jumlah pertanggungan, dll. Semua detail yang Anda butuh kan tentang fitur dan biaya produk akan di berikan di situs web perusahaan. Banyak polis asuransi sekarang dapat di beli secara online. Membeli online lebih cerdas karena premi lebih rendah karena penghapusan biaya agen. Jika membeli secara offline untuk asuransi jiwa, beri tahu agen bahwa Anda hanya tertarik pada asuransi berjangka.

Sebelum Anda menandatangani kontrak pastikan Anda telah memahami item apa yang di cakup dan item apa yang di kecualikan dari pertanggungan. Akan sangat menyedihkan untuk mengetahui jika terjadi kerusakan atau kehilangan sehingga barang yang Anda harapkan untuk di tanggung dengan asuransi sebenarnya tidak termasuk. Begitu banyak orang bergegas ke perusahaan asuransi mereka setelah di rawat karena penyakit hanya untuk menyadari bahwa penyakit tertentu dikecualikan. Pahami detail seperti kapan pertanggungan di mulai dan berakhir dan bagaimana klaim dapat diajukan dan kerugian di laporkan.

Jangan memilih perusahaan asuransi karena teman lingkungan Anda adalah agen mereka dan jangan biarkan mereka membujuk Anda untuk membeli dari mereka. Premi asuransi berjalan selama bertahun-tahun dan itu berarti jumlah uang yang cukup besar. Terlepas dari premi yang di kenakan, carilah layanan yang di berikan. Ketika Anda di hadapkan pada bahaya, Anda ingin proses pengumpulan klaim menjadi rumit dengan staf yang tidak mau bekerja sama di kantor perusahaan asuransi. Carilah jawaban dari orang-orang yang memiliki pengalaman sebelumnya dengan perusahaan untuk pertanyaan seperti seberapa ramah pelanggan dan responsif perusahaan dalam menangani klaim.

3. Evaluasi dan Tingkatkan Tepat Waktu

Saat Anda berjalan dari satu tahap kehidupan ke tahap lainnya atau ketika aset yang di asuransikan berubah, polis Anda harus di tinjau ulang. Mungkin perlindungan Anda perlu di tambah (atau di kurangi) atau Anda harus menambahnya dengan pengendara. Beberapa contoh ketika Anda perlu meninjau pertanggungan Anda adalah ketika Anda menikah, ketika Anda memiliki anak, ketika pendapatan Anda meningkat, Anda berkurang secara substansial, ketika Anda membeli rumah/mobil dan ketika Anda bertanggung jawab atas orang tua Anda yang sudah lanjut usia.

Setelah Membaca arikel diatas mimin mau tanya sudahkah Anda Tahu apa itu premi asuransi ? jika belum ini jawabanya. jika kurang jelas, sederhananya Premi Asuransi adalah sejumlah pembayaran yang ditetapkan sebagai biaya pengalihan risiko dari Pemegang Polis kepada Penyedia Asuransi.

Wiaam Rifqi Abror

yang dapat menggapainya adalah si bodo yang terus berjalan

Recent Post