Selamat datang di wiaamrifqi.com
Blog  

Tips Memilih Platform Penggalangan Dana Online yang Terpercaya

Hai Sobat, masih ingat dengan berita penggalangan dana yang dilakukan netizen untuk seorang anak yang kedua orang tuanya meninggal? Iya, yang orang tuanya berprofesi artis dan meninggal karena kecelakaan lalu lintas itu. Gimana, ngikutin beritanya, enggak? Saya sih, cuma ngikutin pas awal-awal saja, ke sininya, saya gak tahu seperti apa perkembangannya.

Hebat ya, solidaritas netizen itu sangatlah besar. Buktinya, dana yang berhasil terkumpul bisa sampai miliaran. Semoga saja, dana yang terkumpul tersebut bisa disalurkan untuk anak tersebut sesuai dengan tujuan awalnya.

Penggalangan Dana Secara Pribadi Rawan Diselewengkan

Ngomong-ngomong soal penggalangan dana, jenis penggalangan dana secara pribadi seperti itu memang sangat rawan diselewengkan. Selain karena memang menggunakan rekening pribadi, yang dananya susah dipisahkan antara dana si pemilik rekening dan dana hasil donasi, juga karena tidak adanya badan atau pihak pengawas. Jadinya, penggalangan dana seperti itu susah transparan.

Iya sih, penggalangan dana macam ini memang sifatnya kekeluargaan. Atas dasar kemanusiaan dan solidaritas. Donaturnya mungkin tidak akan banyak juga yang rewel dengan ini itu. Tapi ya jika sudah melibatkan uang besar, rasanya tidak bagus deh jika dilakukan seperti itu.

Bukan apa-apa, di dalam menggalang dana yang besar, terutama yang melakukannya bersifat pribadi, sekali pun mungkin tidak ada penyelewengan, namun risiko fitnah tetaplah ada.

Penggalangan Dana Akan Lebih Baik Melalui Badan Atau Platform

Nah ini yang lebih tepat. Jika ingin berdonasi, akan lebih baik jika dipercayakan kepada badan atau platform profesional yang memang punya kemampuan untuk hal tersebut. Jadinya, dana yang kita keluarkan, sedikit atau pun banyak, akan bisa dipertanggungjawabkan. Sebab ada catatan detailnya dan semua dilakukan secara transparan.

Tapi memilih sembarang badan atau platform juga tidak bagus. Di zaman sekarang, apalagi pasca pandemi seperti saat ini, banyak sekali di luaran sana yang mencoba mencari kesempatan di dalam kesempitan. Bentuknya yang membuat badan atau platform penggalang dana yang bisa jadi ternyata adalah abal-abal. Untuk itu, mencermati terlebih dahulu badan atau platform penggalang dana terlebih dahulu mutlak dilakukan.

Karakteristik Badan atau Platform Penggalang Donasi Online

Badan atau platform penggalang donasi online yang harus dipilih saat berdonasi tentu saja adalah yang aman dan terpercaya. Nah yang aman dan terpercaya ini jelas memiliki ciri atau karakteristik tertentu. Menurut saya, karakteristik dari badan atau platform penggalang donasi online yang aman dan terpercaya itu karakteristiknya sebagai berikut.

  1. Identitasnya jelas

Penggalangan dana, sekalipun itu penggalang dana online, dia punya identitas yang jelas. Dari mulai pengurusnya siapa saja, alamat offline-nya ada, alamat website-nya juga punya. Jadi jika kita hendak menelusurinya, semua informasi mengenai identitasnya ada dan nyata. Lain halnya dengan penggalang dana abal-abal. Identitasnya tidak jelas, bahkan mungkin palsu.

  1. Memiliki rekam jejak yang baik

Karakteristik yang satu ini juga jelas. Penggalang dana yang baik, yang aman dan terpercaya, online atau pun offline, sudah pasti memiliki rekam jejak yang bagus. Semua aksi atau program yang dibuatnya nyata.

Kita bisa melihatnya di website mereka. Jika kita menyaksikannya, kita bisa membuktikannya dengan langsung survey ke orang atau ke tempat yang ditulis di website-nya tersebut.

  1. Laporan penggalangan dan penyaluran dilakukan transparan

Ini juga yang jadi pembeda penggalang dana aman dan terpercaya dengan yang tidak. Segala hal dicatat dengan detail dan sebenar-benarnya. Selain untuk kepentingan pertanggungjawaban, juga memang yang begini sudah harus jadi kebiasaan. Sebaliknya, yang abal-abal tidak begitu. Jika pun ada, data-datanya palsu.

  1. Mengakomodasi donatur dengan baik

Penggalang dana yang aman dan terpercaya akan mengakomodasi donaturnya dengan baik. Dari mulai cara donasi yang mudah, pilihan cara berdonasi, hingga yang lain-lainnya tidak menyusahkan donaturnya.

  1. Tidak memaksa

Hal yang satu ini bisa kita rasakan. Penggalang dana yang aman dan terpercaya tak akan memaksa kita atau siapa pun untuk berdonasi. Sekalipun mereka membuat iklan, urusan berdonasi atau tidak itu terserah pada calon donatur. Mereka hanya melakukan tindakan persuasif yang diharapkan bisa menggugah hati.

Nah sebaliknya, penggalang dana yang tidak aman dan tidak terpercaya, mereka akan ‘sedikit’ memaksa. Entah itu dengan mengajak secara terus menerus, dan bahkan kadang melakukan aksi dengan embel-embel membuat kita merasa berdosa jika tidak berdonasi.

  1. Ada konfirmasi yang jelas

Setelah berdonasi, kita tentu ingin tahu apa donasi kita sudah masuk atau tidak. Nah salah satu ciri penggalang dana yang aman dan terpercaya pasti akan mengerti hal tersebut. Jadinya kita akan diberi konfirmasi berupa notifikasi yang jelas saat kita berdonasi. Mungkin via sms, WhatsApp, atau pun email misalnya.

Salah satu penggalang dana online yang aman dan bisa dipercaya menurutku adalah Ayobantu. Untuk menggunakannya, kalian bisa bisa mengaksesnya di www.ayobantu.com. Semua karakteristik tentang penggalang dana aman dan terpercaya dimiliki oleh Ayobantu.

Ayobantu.com sendiri adalah sebuah platform donasi online di Indonesia yang aman dan terpercaya. Berdasarkan pengalamanku sebelumnya, informasi mengenai penerimaan dan penyaluran dana dilaporkan secara real time dan transparan. Setiap donatur dapat menerima notifikasi setelah berdonasi secara langsung melalui WhatsApp, serta dapat mengakses laporan dana yang terkumpul di laman website resmi www.ayobantu.com. Tidak perlu khawatir, karena Ayobantu.com sudah tercatat secara resmi di Kementerian Sosial Republik Indonesia. Mari berdonasi sekarang!