Selamat datang di wiaamrifqi.com

Tips Dekorasi Ruang Tamu Minimalis yang Praktis dan Terlihat Manis

Tips Mendesain Rumah Minimalis

Ruang tamu adalah ruangan yang umumnya terletak di bagian paling depan dari sebuah rumah. Memiliki ruang tamu minimalis dengan luas yang terbatas tidak menjadi masalah selama mampu menata dan menyiasatinya dengan baik. Dengan dekorasi ruang tamu minimalis dan didukung dengan penempatan yang tepat, ruang tamu minimalis juga dapat menghadirkan suasana nyaman yang tentunya dapat membuat semua orang yang berada di dalamnya merasa betah.

Berikut ini adalah beberapa tips dekorasi ruang tamu minimalis yang praktis dan manis yang dapat diaplikasikan pada ruang tamu dengan luas area yang terbatas:

Cat Dinding Berwarna Terang

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menyiasati ruang tamu yang berukuran kecil adalah dengan menggunakan cat dinding berwarna terang seperti putih, abu muda, krem, dan warna-warna terang lainnya yang dapat memberikan kesan yang bersih dan luas. Selain itu, warna terang lebih mudah dikombinasikan dengan warna lain yang berani dan ceria sehingga dapat memunculkan kesan lebih hidup dan tidak membosankan. Ruang tamu minimalis yang menggunakan warna dinding seperti ini akan memberikan tampilan yang lebih cerah, nyaman, dan menyenangkan.

Baca juga : Apa yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Membeli Tenda Camping Keluarga

Cermin untuk Membuat Efek Tampilan Luas

Cermin mampu menciptakan efek pantulan yang dapat membuat ruang tamu kecil terlihat lebih luas. Akan tetapi untuk mendapatkan kesan yang luas, proses peletakan cermin pada dinding ruang tamu tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Cermin akan lebih bagus bila diletakan pada bagian yang menghadap ke arah cahaya atau jendela agar hasil dari pantulannya lebih maksimal. Sedangkan untuk model cermin yang akan digunakan bisa disesuaikan kebutuhan dan selera, hanya saja akan lebih baik bila menggunakan cermin dengan ukuran yang paling sesuai dengan luas area ruang tamu.

Furniture Multifungsi

Furniture multifungsi adalah furniture atau perabotan yang memiliki kegunaan lebih dari satu. Tidak seperti furniture-furniture lainnya, furniture multifungsi bisa dilipat, ditarik, dan diputar untuk mengubah fungsi dari furniture itu sendiri. Furniture multifungsi menjadi salah satu solusi untuk mengatasi ruang tamu yang berukuran sempit. Salah satu contoh dari perabot multifungsi adalah rak penyimpanan yang bisa sekaligus berguna sebagai penyekat antar ruangan. Agar tidak menimbulkan efek yang penuh pada ruang tamu, gunakan furniture dengan desain yang minimalis dan sederhana tetapi tetap fungsional dan fleksibel.

Karpet yang Nyaman

Karpet mampu membuat ruang tamu terasa lebih hangat dan lembut. Karpet dapat melapisi lantai sehingga memberikan perasaan nyaman ketika berjalan tanpa alas kaki. Sekarang ini, karpet tidak hanya digunakan karena fungsinya, namun juga biasa digunakan untuk pelengkap dekorasi yang dapat membuat ruang tamu minimalis terlihat lebih cantik dan bergaya. Dalam memilih karpet untuk ruang tamu minimalis, usahakan untuk memilih yang luasnya tidak sampai menutupi setengah dari area lantai. Karena ruang tamu adalah tempat yang sering didatangi banyak orang maka pilih jenis karpet yang nyaman namun mudah dibersihkan.

Baca juga : 5 Cara Mudah Mengatasi Dinding Lembab dan Berjamur 

Tanaman Hijau untuk Dekorasi Ruang Tamu 

Tanaman hijau mampu menghadirkan nuansa yang sejuk dan asri pada ruang tamu . Selain itu, tanaman hijau juga dapat membantu menyerap racun dan menghasilkan udara bersih secara alami, membantu mengatur suhu udara, dan memberi nuansa segar seperti sedang berada di alam luar pada ruang tamu. Karena ruang tamu  memiliki luas area yang terbatas, maka jenis tanaman yang dapat ditempatkan pada ruang tamu adalah jenis tanaman gantung dan tanaman yang bisa diletakan di sudut ruangan. Namun, karena tanaman hijau membutuhkan perawatan khusus maka tanaman hijau ini bisa juga diganti dengan menggunakan tanaman tiruan atau tanaman hias untuk memunculkan suasana asri di ruang tamu.

Semoga tips dekorasi ruang tamu minimalis dan dekorasi rumah minimalis sederhana di atas bermanfaat ya! 

Respon (1)

Komentar ditutup.