router adalah

Apa itu Router ? berikut pengertian dan fungsinya

Di era teknologi yang akan terus berkembang pesat, tidak bisa kita pungkiri lagi bahwa internet merupakan kebutuhan pokok dalam hidup kita. Bukan hanya pada komunikasi saja, melainkan dalam dunia pekerjaan dan pendidikan, keberadaan internet sangat kita butuhkan. Bicara soal internet, tidak lepas dari alat ini. Ya, mungkin sudah tidak asing lagi bagi kita apa yang dimaksud router dan fungsinya. Router adalah suatu alat sebagai penghubung ke perangkat lain dengan tujuan saling berbagai koneksi internet.

Router Adalah dan Fungsinya

Selain di atas, fungsi router adalah mengatur perjalanan jaringan dengan proses meneruskan paket data ke IP Address lain. Tidak terkecuali bebagai perusahaan dan instansi pendidikan, bahwa warung-warung pun mulai menggunakan alat ini.

Salah satunya adalah jaringan WiFi. WiFi router adalah perangkat yang kita gunakan untuk menghubungkan internet kepada perangkat lainnya tanpa kabel. Beberapa perangkat itu di antaranya laptop, hp, dan perangkat lainnya yang mendukung internet.

Bisa kita katakan bahwa router adalah WiFi untuk menghubungkan perangkat kita dengan koneksi internet.

Komponen pada Router

Mungkin sebagian dari kita masih belum memahami router itu apa sih. Kita bisa memahaminya, dengan mengetahui salah satu komponen dari alat ini. Salah satunya adalah Firewall.

Firewall merupakan salah satu komponen yang seringkali berada di alat ini jenis DSL. Di mana komponen ini akan menyaring data berdasarkan sumber dan penerima. Perlu kita ketahui bahwa fungsi alat ini berbeda-beda, tergantung dari jenis-jenisnya.

pengertian server

Cara Kerja

Cara kerja router sangatlah sederhana. Bisa kita katakana bahwa segala laju data internet akan diatur oleh alat ini. Karena pada dasarnya, lalu lintas jaringan ini perlu pengontrol agar dapat sampai ke alamat IP yang mereka tuju.

Mengontrol dan memastikan apakah suatu perangkat dapat sampai ke tujuan alamat tanpa hambatan. Di sini alat ini bekerja untuk mengarahkan laju tersebut seefektif mungkin.

Dengan bantuan table rute internal atau dalam istilah inggrisnya internal routing table, maka alat ini dapat mengontrol laju lalu lintas data tersebut. Table rute internal ini merupakan daftar jalur yang akan mereka lalui. Kita ibaratkan, ketika kita hendak pergi tamasya ke suatu tempat, tentu kita akan membuat daftar tempat-tempat yang akan kita kunjungi nanti. Begitu jga denga routing table.

Di sini alat ini bisa kita ibaratkan sebagai pemandu wisata. Di mana alat ini akan mengarahkan ke mana akan pergi sesuai dengan daftar tujuan tersebut hingga sampai ke tujuan utamanya.

Bedanya Router dan Modem Adalah

Perlu kita ketahui bahwa router dan modem itu berbeda. Meskipun tugas mereka sama yaitu berhubungan dengan koneksi internet, namun fungsi mereka berbeda. Umumya, router dan modem akan bersatu untuk menjalankan tugasnya masing-masing sebagai pemandu dan pengendara.

Kita ibaratkan, modem merupakan kendaraan yang kita gunakan untuk menuju ke tempat satu ke tempat lainnya. Di sinilah kita mengetahui bagaimana perbedaan antara modem dan alat ini. Kamu mulai memahaminya, ketika ada pemandu wisata yang ikut masuk ke dalam bus kendaraan kita untuk memandu. Begitu juga dengan alat ini dan modem.

Kesimpulan

Bisa kita simpulkan bahwa router dan modem tidak bisa kita pisahkan. Koneksi kita akan tersesat tanpa adanya router. Begitu juga tanpa modem, koneksi kita tidak akan berjalan alias diam di tempat. Jadi, router akan masuk ke dalam modem untuk memandu dan mengontrol laju koneksi internet kita menuju IP Address yang mereka tuju sesuai table koneksi tadi. ingin punya website dan wa marketing kunjungi wiaamrifqi.com

Wiaam Rifqi Abror

yang dapat menggapainya adalah si bodo yang terus berjalan

Recent Post