peran QC

Quality Control yang Memiliki Peran Penting pada Perusahaan

Quality Control adalah pekerjaan atau kegiatan yang ada di dalam sebuah bisnis. Hal ini sangat kita perlukan agar dapat memproduksi produk unggulan, begitu juga dengan jasa. Quality Control atau biasa kita kenal dengan sebutan QC ini biasanya berisi beberapa proses seperti desain produk, software yang perusahaan gunakan, pemasaran, produksi, hingga beberapa kegiatan perusahaan lainnya.

Kesalahan yang dapat merugikan perusahaan biasanya memiliki factor penyebab salah satunya adalah QC yang eror.

Quality Control Kerjanya Apa?

Bias kita katakana bahwa QC memiliki tugas dan peranan yang sangat penting dalam sebuah perusahaan atau bisnis, terutama pada sector pergudangan dan manufaktur. Adanyanya QC dalam perusahaan yang berkualitas mampu mendatangkan kepuasan dari pelanggan akan produk perusahaan.

Sehingga, bisa kita simpulkan bahwa quality control bertugas untuk melakukan pengecekan produk atau jasa pada sebuah perusahaan dengan mencocokkan sesuai standar yang berlaku. Tidak hanya itu, QC juga memiliki tugas untuk memperbaiki dan menciptakan inovasi baru dalam menciptakan suatu produk yang lebih unggul dan berkualitas. Dengan kata lain bahwa QC sangat perusahaan perlukan untuk menciptakan produk yang berkualitas.

quality control adalah

Fungsi QC pada Perusahaan

Untuk menghasilkan produk atau jasa yang berkualitas, perusahaan memerlukan evaluasi dan pengecekkan. Hal ini sangat mereka butuhkan agar dapat menciptakan produk atau jasa yang berkualitas ketika berada di tangan konsumen atau buyer.

Dalam proses produksi, berawal dari bahan baku menuju produksi, hingga finishing. Di setiap tahap, biasanya terdapat QC masing-masing. Di antaranya seperti pengecekkan bahan baku berkualitas, produksi unggul dan sistematis, hingga finishing yang sesuai standar SOP. Beberapa proses inilah yang menentukan bagaimana produk unggulan tercipta.

Tugas Quality Control adalah menjaga kualitas produk untuk tetap bermutu. Kalau perlu ada tambahan atau peningkatan kualitas pada produk dan jasa dari perusahaan. Dalam peninjauan kualitas produk tentu melibatkan beberapa factor dan kegiatan produksi. Beberapa factor tersebut merupakan aspek produk berkualitas di antaranya:

  1. Unsur control
  2. Manajemen pekerjaan,
  3. proses dan pengelolaan,
  4. kriteria integritas dan kinerja, dan
  5. identifikasi catatan prosuki

kelima aspek tersebut yang akan menjadi acuan QC dalam melakukan pengecekkan bahan baku dan produk.

Adapun beberapa aspek lain yang menyinggung sumber daya. Di mana aspek ini akan berhubungan dengan pihak manajemen atau HRD. Beberapa aspek tersebut di antaranya seperti:

  • kompetensi karyawan atau pegawai
  • pengetahuan, keterampulan, pengalaman, dan kualifikasi pegawai
  • elemen lunak atau mesin yang digunakan
  • integritas, kepercayaan, organisasi, motivasi, hingga hubungan antara pegawai dengan perusahaan yang berkualitas

Ruang Lingkup Quality Control

Quality Control memiliki ruang lingkup di dalam sebuah perusahaan. Di mana ruang lingkup tersebut akan selalu berhubungan dengan produksi dari suatu produk perusahaan. Seperti yang kita jelaskan sebelumnya, bahwa tugas QC akan melakukan pengecekan produk secara visual.

Pengecekkan produk juga akan melalui proses pengecekkan mikro yang menggunakan alat seperti mikroskop. Di mana produk akan menjalani proses peninjauan. Salah satu contohnya adalah bahan atau kandungan pada produk makanan.

Kesimpulan

Kesimpulan yang bias kita rangkum, bahwa Quality Control sangat berperan dalam menciptakan produk unggul. Baik itu bidang kuliner, manufaktur, industry, dan sebagainya. Tidak heran jika kualifikasi menjadi seorang QC perlu memiliki kualitas yang tinggi. Sehingga kriteria dalam perekrutan QC akan melalui proses yang lumayan ketat.

ingin punya website atau toko herbal kunjungi wiaamrifqi.com. oh iya nih gak lupa lagi untuk para pembaca, ada rekomendasi jual valve terbaik lohh. namanya PT lamindo prima, Merupakan Agen, Stockiest Valves Industri (Ball, Butterfly, Gate, Globe, Check, Plug, dll), Instrumentasi Lapangan (Flow, Level Pressure, Temperature, Analyser, dll) dan berpengalaman service/perbaikan semua jenis valve Manual atau katup otomatis. Profil Stok PT lamindo meliputi Katup Mekanik dari ukuran ” hingga 24”, Peringkat Tekanan hingga 2500# dan Katup Instrumentasi hingga 10000 Psi.

Wiaam Rifqi Abror

yang dapat menggapainya adalah si bodo yang terus berjalan

Recent Post