Pengertian sistem operasi

Pengertian Sistem Operasi Dan Jenisnya Secara Lengkap Dalam Media Komputer

Apa pengertian sistem operasi dan fungsinya itu? Pada era yang seperti sekerang ini , keberadaan komputer menjadi salah satu perihal yang cukup membantu bagi kehidupan manusia. Banyak pekerjaan yang menggunakan komputer sebagai mediasi dalam mendukung akan pekerjaan tersebut. Berkat kemajuan teknologi, berbagai sistem operasi dimunculkan untuk memenuhi setiap kebutuhan manusia.  Namun, tatkala itu fungsi dan kegunaannya tidak jauh berbeda antara sistem satu dengan yang lainnya.

Lalu, apa sebenarnya sistem operasi dan jenisnya itu? Untuk mengetahui jawaban secara lengkap dan terperinci, maka silakan untuk membaca informasi ini sampai selesai! Lantas, inilah pengertian lengkap sistem operasi dan jenisnya terhadap adanya sistem komputer.

Pengertian Sistem Operasi Dan Jenisnya Secara Lengkap Dalam Media Komputer

Di bawah ini ialah ulasan terlengkapnya!

Pengertian

Sistem operasi sendiri ialah perangkat lunak yang mampu mengolah akan sumber daya baik dari segi software maupun hardware yang tujuannya ialah membuat kedua poin ini berjalan bersama sehingga dapat memudahkan interaksi dengan pengguna atau user yang satu dengan yang lain. Secara sederhananya operasi sistem yang terdapat pada komputer diibaratkan dengan manusia dan nyawanya. Bilamana manusia tidak memiliki nyawa maka tidak dapat hidup alias mati. Oleh karena itu penggunaan operasi sistem pada komputer sangat penting sekali.

Secara analogika semua yang namanya teknologi terus berpacu dengan perkembangan jaman. Semakin modern suatu era maka akan semkain berkembang pula teknologi yang ada. Hal tersebut bukan merupakan opini yang hanya memandang sebelah mata saja.

Jenis operasi sistem

●    Generasi Pertama (1945 – 1955)

Sistem komputer generasi pertama dibuat untuk menyelesaikan tugas secara cepat dan tepat. Mengingat bahwa pemikiran dan daya ingat manusia sangat terbatas, belum lagi kemampuan berpikir rasional dan sistematis yang tidak terlalu tinggi. Karena hal tersebut manusia tidak dapat bekerja secara maksimal.

Oleh karena itu perlu digantikannya dari komputer mekanik menjadi komputer elektronik. Sehingga perangkat ini dapat membantu akan pekerjaan manusia, supaya mudah selesai dan tentunya memiliki efisiensi dalam pengerjannya. Bukan hanya itu saja, dengan adanya komputer elektronik maka akan meminimalisir kesalahan yang dilakukan oleh manusia.

●    Generasi Kedua (1955 – 1965)

Sistem operasi generasi kedua ini merupakan lanjutan dari generasi pertama, mungkin dari segi kegunaan hampir sama dengan generasi pertamanya. Yang menjadi perbedaan pada komputer generasi kedua ini ialah memiliki fitur dengan gagasan baru yang dikenal dengan sebutan Batch Processing System, yaitu suatu kinerja yang dapat dilakukan oleh komputer secara real time serta berurutan sehingga lebih mudah dalam menangani pekerjaan dengan jumlah yang banyak.

Belum menggunakan sistem operasi yang terpadu, pada generasi kedua ini masih menggunakann operasi sistem yang dinamakan dengan IBSYS dan FMS.

●    Generasi Ketiga (1965 – 1980)

Dengan sistem yang sudah mengalami perkembangan pada berbagai sudut teknologi tak terkecuali dengan operasi sistem yang terdapat dalam komputer itu sendiri. Mungkin perubahannya akan cukup besar bilamana dibandingkan dengan generasi yang terdahulu.

Pada genenari ini perubahan yang cukup advanced memungkinkan manusia lebih mudah dalam mengoperasikannya, karena banyak menggunakan fitur komunikasi secara online. Komputer generasi ketiga dipercaya dapat mendukung proses multi user dan multi progamming dengan estimasi waktu yang cukup berdekatan.

●    Generasi Keempat (1980 – Sekarang)

Generasi terakhir yang menjadikannya lebih unggul ketimbang generasi sebelumnya, memiliki performa yang cukup baik serta menjanjikan akan hasilnya. Memiliki fitur yang juh lebih kompleks dan lebih canggih, dengan menggunakan GUI (Graphical User Interface) tentu akan lebih memberikan pengalaman serta proses interaksi jadi lebih mudah serta lebih efisien.

Generasi keempat menjadi operasi sistem yang digunakan pada era sekarang ini. Dalam dunia teknologi sendiri semuanya mengalami perkembangan yang signifikan. Sehingga masih memiliki kemungkiunan bahwa operasi sistem akan terus mengalami perkembangan.

Kurang lebih seperti itu pengertian dan jenis dari operasi sistem dalam media komputer. Bilamana kamu membutuhkan jasa SEO dengan hasil yang memuaskan serta badget yang murah. Maka silakan klik disini!

Wiaam Rifqi Abror

yang dapat menggapainya adalah si bodo yang terus berjalan

Recent Post