Pengertian Multi Level Marketing, Kelebihan dan Kekurangannya(flickr.com)

Pengertian Multi Level Marketing, Kelebihan dan Kekurangannya

Pengertian Multi Level Marketing (MLM) dalam strategi pemasaran, di mana sales tidak hanya mendapat kompensasi atas penjualan. Akan tetapi juga penjualan dari tenaga penjual lain yang mereka rekrut.

Dalam MLM, tenaga pemasar yang mereka rekrut di namakan downline. Usaha MLM ini mempunyai nama lain seperti pemasaran jaringan, network marketing, pemasaran piramida, hingga uni level marketing.

Ketahui Pengertian Multi Level Marketing (MLM)

Definisi MLM menurut Sabiq (2005) adalah sebuah metode  bisnis alternatif melalui banyak tingkatan yang berhubungan dengan distribusi dan pemasaran. Biasanya dikenal dengan istilah downline (tingkat bawah) dan upline (tingkat atas).

Ada beberapa jenis MLM menurut Setiawan (2017). Diantaranya adalah sistem Binary Plan, Matrix, dan Break Away.

Binary Plan mengutamakan keseimbangan jaringan, sehingga perusahaan dengan sistem yang satu ini akan mudah mendapat omset dan cepat berkembang. Sementara Matrik hanya menggunakan konsep pengembangan tiga frontline dan Break Away mengedepankan kelebaran, semakin banyak frontline maka bonus makin besar pula.

Kelebihan dan Kekurangan MLM 

Kelebihan MLM menurut Yusuf (2000) di antaranya adalah memperluas relasi dan menciptakan pendapatan tambahan yang menguntungkan. Sehingga penghasilan ini dapat di terima secara tetap atau rutin.

Kemudian setiap distributor dapat terasa keterampilan berkomunikasi hingga memiliki jiwa kuat personal selling dengan downlinenya.

Sementara itu, kekurangan dari Multi Level Marketing adalah berisiko negatif, terutama di bidang riil. Jika seseorang hanya fokus pada MLM bisa jadi aktivitas di bidang riil akan sangat terganggu. Pasalnya MLM akan mengurangi produktivitas kerja seseorang.

Perlu Anda ketahui, distributor dai MLM ini bukan pengusaha, namun hanya mengikuti sistem hirari. Jadi, sistem yang berlaku akan mengendalikan mereka.

Pemerintah juga tidak menanggung keamanan dari uang yang berputar pada usaha MLM ini. Jika terjadi likuidasi, maka uang nasabah akan hangus.

Dengan demikian sangat penting mengetahui pengertian Multi Level Marketing (MLM). Berikut dengan jenis-jenisnya, kelebihan, dan kekurangannya.

Setelah membaca artikel diatas tentunya sudah paham dong tentang MLM. rekomendasi untuk pembaca yang membutuhkan Jasa pembuatan website MLM, di jamin terpercaya deh namanya IDprogrammer. IDprogrammer melayani jasa web MLM profesional yang juga dapat menggunakan sistem afiliasi. dan juga menyediakan layanan pembuatan website MLM dengan sistem jaringan dan pembonusan yang dapat menyesuaikan dengan kebutuhan.

Wiaam Rifqi Abror

yang dapat menggapainya adalah si bodo yang terus berjalan

Recent Post