Selamat datang di wiaamrifqi.com
Bisnis  

Ingin Bisnis Melesat? Lengkapi dengan 4 Jenis Pembayaran Online Bisnis ini!

pembayaran online bisnis

Saat ini bisnis banyak dilirik anak muda, baik dijadikan sebagai sumber pemasukan utama atau jadi pemasukan tambahan. Salah satu tantangan dalam mengelola bisnis adalah menyediakan sistem pembayaran online yang mudah dan juga lengkap. Karena, saat ini ada banyak metode pembayaran online bisnis, mulai dari QR Code hingga Transfer Bank. Nah, biar lebih mudah, kamu bisa memanfaatkan payment link, nih.

Dengan payment link, kamu bisa mengarahkan pelanggan untuk menyelesaikan transaksi melalui berbagai metode pembayaran. Biar bisnis kamu semakin melesat, lengkapi metode pembayaran kamu dengan 4 jenis pembayaran online berikut ini!

Jenis-Jenis Pembayaran online Masa Kini

Eits, sebelum masuk ke pembahasan, ada baiknya kita mengetahui pengertian dari payment link itu sendiri, ya. Singkatnya, payment link atau tautan yang berisikan tentang informasi transaksi atau invoice yang diberikan kepada pelanggan. 

Dari invoice tersebut, pelanggan dapat melihat jumlah yang harus dibayar serta produk yang dibeli. Setelah sesuai dengan jumlah yang dibeli oleh pelanggan, selanjutnya pelanggan akan diarahkan untuk memilih metode pembayaran yang mereka miliki atau gunakan. 

Payment link ini tidak memerlukan login, kok! Cukup klik tautan yang diberikan oleh merchant, kamu bisa melihat rincian pembayaran dan memilih metode yang sesuai, deh!

  • E-Wallet

Jenis pembayaran online yang pertama adalah dengan menggunakan aplikasi e-wallet. Seperti yang kamu tahu, saat ini ada banyak aplikasi e-wallet atau dompet digital. 

Aplikasi e-wallet ini ga hanya bisa digunakan untuk membayar produk saja, tapi juga bisa digunakan untuk membayar tagihan seperti tagihan listrik, tagihan kartu kredit, dan juga transaksi lainnya. Jadi ga heran deh, kalau banyak yang menggunakan aplikasi e-wallet.

Ga hanya itu, banyak aplikasi e-wallet yang memberikan segudang promo jika melakukan transaksi dengan aplikasi tersebut. Jadi, penting banget nih untuk kamu menyediakan opsi pembayaran menggunakan e-wallet karena ada banyak yang menggunakan aplikasi ini. 

Transaksi di e-wallet juga mudah, kok! Yang penting, jangan lupa isi saldo sebelum transaksi, ya!

  • Transfer Bank

Metode ini memang sudah banyak digunakan oleh merchant atau penjual. Nah, nggak ada salahnya kamu ikut menyediakan jenis pembayaran online yang satu ini. Alasannya, banyak pelanggan yang menganggap bahwa transfer bank jadi metode transaksi yang mudah. Tinggal pilih nomor rekening tujuan, kamu bisa langsung transfer uangnya, deh!

Baca juga : Tips Investasi Properti Bagi Pemula Auto Cuan

Walaupun masih ada biaya tambahan jika transfer ke bank yang berbeda, hal itu ga menyurutkan pelanggan untuk memanfaatkan metode ini. Transaksi juga lebih cepat dan aman, jadi ga perlu ragu lagi kalau melakukan pembayaran dengan metode transfer bank ini.

  • Virtual Account

Masih banyak yang bingung, sebenarnya apa sih perbedaan antara transfer bank dan virtual account? Karena, kedua jenis metode pembayaran ini memang memiliki fungsi yang sama. Singkatnya, virtual account adalah rangkaian kode unik yang tidak memiliki kesamaan dengan kode virtual account milik pelanggan lainnya.

Selain itu, kamu juga ga perlu ribet mendaftarkan nomor rekening baru, karena tinggal masukkan nomor virtual account, transaksi pun bisa dilakukan. Dengan virtual account, kamu juga ga perlu memasukkan nominal transfer, karena sudah ada secara otomatis dan kamu tinggal memasukkan PIN ATM untuk menyelesaikan transaksi.

Nggak hanya itu, setelah transaksi selesai dilakukan, kamu ga perlu kirim bukti transfer, karena sistem akan mencatat transaksi secara otomatis ke sistem penjual. Lebih mudah, kan?

  • QR Code

Sempat ramai di media sosial tentang cara penyebutannya, QR Code atau di Indonesia disebut dengan QRIS merupakan metode pembayaran online yang populer, nih! Alasannya, kamu ga perlu buka melakukan transfer bank atau virtual account lagi, tapi tinggal scan barcode milik penjual, kamu bisa langsung bayar, deh!

QRIS pertama kali diluncurkan oleh Bank Indonesia pada tahun 2019 sebagai metode pembayaran yang jauh lebih ringkas dan juga cepat. Sehingga, jika kamu punya toko fisik, kamu bisa menyediakan metode QRIS agar mempersingkat waktu transaksi. 

Menurut data, hingga kini ada sekitar 20 juta merchant yang menyediakan metode QRIS ini. Lalu, bagaimana sih cara baca QRIS? Ternyata, menurut BI cara baca yang benar adalah KRIS!

Miliki Berbagai Metode Pembayaran Online Bisnis dengan Payment Link dari Fazz Business

Karena ada berbagai macam metode pembayaran online, agar kamu tidak repot, kamu bisa nih menggunakan Fazz Business! Fazz Business adalah pelayanan keuangan yang menyediakan layanan pembayaran online bisnis yang bisa dimanfaatkan oleh pemilik usaha. 

Dengan layanan ini, kamu bisa dengan mudah menyediakan layanan pembayaran untuk customer melalui payment link. Sehingga, customer bisa memilih untuk bertransaksi menggunakan satu dari 4 metode di atas, mulai dari e-wallet, transfer bank, virtual account, hingga QR Code.

Selain itu, untuk pemilik bisnis Fazz Business ini juga memiliki keunggulan lain, seperti integrasi pembayaran otomatis, mengelola pembayaran hanya dari satu dashboard, hingga bisa melakukan transfer ke lebih 100 rekening dalam 1 klik saja! 

Baca juga : Tips Khusus Menjadi HRD Bisnis Handal yang Perlu Di Ketahui

Gimana, mudah kan? Yuk, kelola transaksi bisnis kamu dengan mudah, aman dan praktis dengan menggunakan Fazz Business sekarang juga!