Problem solving
Bisnis

Mengenal Strategy Problem Solving Serta Langkah-Langkahnya

Strategy problem solving ini adalah hal yang harus dikuasai oleh setiap orang, tidak hanya di dunia kerja saja, melainkan dalam kehidupan sehari-hari sekalipun semua orang dituntut untuk tahu bagaimana cara menyelesaikan sebuah masalah, karena dalam kehidupan sudah pasti akan menghadapi yang namanya masalah, apapun bentuknya.

Namun jangan khawatir karena pada dasarnya skill semacam ini dapat diasah atau dipelajari agar bisa terus berkembang.

Apa Itu Problem Solving?

Sebelumnya mungkin masih banyak juga yang belum tahu mengenai apa itu problem solving, karena bagaimanapun juga sangat berkaitan erat dengan kehidupan sehari-hari.

Dapat dikatakan bahwa problem solving ini merupakan sebuah proses mental atau kognitif yang digunakan untuk mengidentifikasi, menganalisis sampai dengan menemukan sebuah solusi dari sebuah masalah atau tantangan yang sedang dihadapi. Ini merupakan sebuah kemampuan dasar yang dibutuhkan untuk mengatasi berbagai situasi sehari-hari.

Pada dasarnya kemampuan dalam menyelesaikan atau menghadapi masalah ini melibatkan banyak keterampilan, seperti diantaranya adalah kognitif, kritis, analitis sampai dengan kreatif.

Diperlukan juga sebuah kemampuan yang dapat mengelola emosi, bekerjasama dengan orang lain serta mengambil keputusan secara tepat.

Apapun bidang yang sedang Anda geluti pada saat ini, sebenarnya tidak jauh-jauh membutuhkan kemampuan dalam menyelesaikan masalah.

Langkah-Langkah Dalam Problem Solving

Patut untuk diketahui bahwa strategy problem solving  ini dapat diterapkan dengan mengikuti beberapa langkah berikut ini, diantaranya adalah:

  • Mengidentifikasi masalah yang sedang dihadapi, langkah pertama yang dapat dilakukan untuk menyusun sebuah strategi dalam menghadapi masalah adalah dengan mengidentifikasi terlebih dahulu masalah yang terjadi.
    Anda harus tahu secara pasti seperti apa kondisinya dan masalahnya. Diantara caranya adalah dengan menjawab beberapa pertanyaan seperti diantaranya adalah masalah apa yang perlu diselesaikan, apa yang menjadi penyebab masalah tersebut sampai dengan dampak yang mungkin terjadi akibat masalah tersebut.
  • Mengumpulkan informasi dan melakukan analisa, selanjutnya hal yang bisa dilakukan adalah dengan mengumpulkan sejumlah informasi yang agaknya akan membantu Anda dalam penyelesaian masalah tersebut, seperti diantaranya adalah dalam bentuk data sekaligus juga fakta.
    Setelah semua informasi terkumpul maka nantinya Anda dapat melakukan analisa terhadap masalah tersebut. Tujuannya adalah digunakan untuk memahami konteks masalah yang tengah dihadapi, jangan sampai berbeda penafsiran, itulah pentingnya melakukan analisa.
  • Membuat solusi alternatif, selanjutnya hal yang bisa dilakukan adalah dengan membuat beberapa solusi, ada beberapa cara untuk menyelesaikan masalah tersebut. Jangan hanya terpaku pada satu solusi saja, karena ada potensi untuk mengalami kegagalan.
    Jangan lupa untuk melibatkan kreatifitas serta kemampuan Anda dalam melakukan analisa sehingga nantinya menemukan penyelesaian atau solusi terbaik. Jangan langsung mengeliminasi solusi yang sudah didapatkan, karena semuanya bisa digunakan untuk kondisi yang berbeda.
  • Melakukan evaluasi dan memilih solusi yang terbaik, dari beberapa solusi yang sebelumnya sudah Anda buat atau temukan, maka dapat dilakukan evaluasi, yaitu dengan melihat plus minus dari masing-masing langkah penyelesaian atau solusi tersebut, pastinya lewat hal ini akan tahu manakah diantaranya solusi yang paling tepat untuk digunakan.
  • Menerapkan solusi yang telah dipilih, lewat evaluasi yang sudah Anda lakukan sebelumnya, maka bisa segera ditindak atau dilakukan. Penerapannya ini tentu saja dilakukan sesuai dengan action plan yang telah dirancang sebelumnya, tidak ada jaminan akan memberikan hasil terbaik, namun harus tetap dilakukan secara tepat.
  • Evaluasi hasilnya, melalui langkah penerapan solusi tersebut, maka akan terlihat bagaimana hasilnya, apakah sudah sesuai dengan yang diharapkan ataukah belum.
    Karena terkadang di dalam implementasi ini sendiri tidak secara langsung membuahkan hasil yang optimal. Sehingga bisa dijadikan sebagai bahan untuk kegiatan atau langkah penyelesaian masalah kedepannya, agar menjadi lebih baik.

Pelajari lebih banyak lagi tentang strategy problem solving ini diantaranya adalah dengan mengikuti program pelatihan yang diadakan oleh Prasmul-ELI.

Ada banyak program pelatihan menarik yang nantinya akan sangat membantu dalam mengembangkan skill dan menambah ilmu, khususnya adalah untuk meningkatkan kualitas dari SDM yang ada dalam sebuah perusahaan. Segera lakukan pendaftaran agar tidak sampai kehabisan slot program tersebut.

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *