Selamat datang di wiaamrifqi.com

MENGATASI KIPAS RADIATOR YANG RUSAK

Kipas radiator merupakan komponen yang berfungsi untuk mendinginkan suhu mesin saat sedang bekerja. Tak hanya itu saja, fungsi radiator lainnya adalah menjaga suhu dingin kondensor AC. Tanpa kipas radiator, tak hanya AC jadi tidak dingin tapi mesin mobil juga bisa overheat dan bahkan sampai mogok. Pentingnya fungsi radiator, penting pula bagi Anda untuk menjaga kondisi kelayakan pakainya. 

Gejala yang sering terjadi jika kipas radiator yang bermasalah selain mesin overheat dan AC jadi tidak dingin yang telah disebutkan tadi, biasanya terjadi juga engine knocking atau mesin berbunyi ngelitik. Jika sudah terjadi hal seperti ini, sebaiknya Anda harus segera membawa mobil Anda ke bengkel Suzuki terdekat untuk memeriksa dan melakukan perbaikan. Namun jika Anda dalam kondisi yang tidak memungkinkan untuk mencari bantuan, ikuti tips di bawah ini untuk mengatasi kipas radiator yang mendadak rusak. 

Dinginkan Mobil Terlebih Dahulu

Saat kipas radiator mendadak bermasalah saat kendaraan dalam kondisi menyala, jangan terburu-buru mengecek langsung ke inti radiator. Ini bisa berbahaya karena kondisi radiator bisa saja masih dalam keadaan yang sangat panas. Dinginkan dulu mesin mobil Anda dengan membuka kap mesin dan mendiamkannya selama 30 menit hingga 1 jam. Setelah mesin benar-benar dingin, barulah Anda bisa mengecek bagian inti radiator

Lepaskan kipas radiator

Setelah mesin benar-benar dingin, Anda bisa mencari letak kipas radiator untuk memeriksanya. Cukup mudah menemukan letak kipas radiator, biasanya bagian ini berada belakang depan atau belakang radiator. Agar lebih leluasa memeriksa kondisinya, lepaskan kipas dari radiator. Perlahan lepaskan semua baut dan kabel dan kemudian tarik keluar secara hati-hati. 

Bersihkan Kipas 

Permasalahan radiator terkadang disebabkan juga oleh kipas yang kotor oleh debu dan jarang lama tidak dibersihkan. Karenanya setelah berhasil melepas kipas radiator, Anda bisa mencoba untuk membersihkan area yang kotor dengan menggunakan cairan degreaser atau cairan pembersih untuk mengangkat kotoran yang mengandung minyak. Bersihkan juga bagian kipas dan bagian-bagian yang sulit terjangkau lainnya dengan pembersih pipa agar terbebas dari debu-debu yang menempel. 

Cek Sekring Kipas 

Selain kipas radiator yang kotor, kendala yang kerap terjadi adalah sekring kipas yang rusak. Periksa kondisi sekring pada kipas radiator dan pastikan tidak ada bagian yang putus. Anda bisa memeriksanya dengan cara sederhana yaitu dengan mendekatkan sekring ke lampu. Jika mendapati bagian di dalam sekring ada yang tidak tersambung, segera ganti sekring dengan yang baru. 

Pasang Kembali Kipas Radiator

Jika seluruh cara di atas sudah dilakukan, Anda bisa memasang kembali kipas radiator pada posisi semula. Pasang seluruh kabel dan pastikan tidak ada komponen inti dari kipas radiator yang tertinggal. Setelah itu cobalah kembali nyalakan kipas radiator, apabila sudah bisa berfungsi dengan baik Anda bisa kembali melanjutkan perjalanan. Namun jika belum berfungsi juga, maka Anda harus membawa mobil ke bengkel resmi Suzuki untuk servis radiator. Hubungi Suzuki Emergency Roadside Assistance (SERA) di nomor 08001100800 untuk bisa mendapatkan bantuan seperti cari bantuan teknisi yang datang langsung ke lokasi Anda atau lokasi bengkel Suzuki terdekat dari tempat Anda. 

Respon (1)

Komentar ditutup.