Selamat datang di wiaamrifqi.com

Mendapat Panggilan Wawancara? Intip Beberapa Tips Dibawah Ini!

Ilustrasi wawancara (cr. freepik.com)
Ilustrasi wawancara (cr. freepik.com)

Wawancara merupakan salah satu tahap penting dalam proses rekrutmen karyawan. Melalui wawancara, perusahaan dapat mengevaluasi kemampuan dan kepribadian calon karyawan untuk memastikan bahwa mereka dapat berkontribusi secara positif dalam organisasi.

Namun, wawancara juga bisa menjadi momok bagi sebagian orang karena dianggap sebagai proses yang menakutkan dan berisiko membuat kesalahan yang berdampak pada keputusan penerimaan kerja.

HRD (Human Resources Development) adalah departemen yang sangat penting dalam sebuah perusahaan. Mereka bertanggung jawab dalam mengelola sumber daya manusia dan menjaga keharmonisan antara karyawan dengan perusahaan.

Seperti halnya departemen lainnya, HRD seringkali mendapatkan pertanyaan yang sama dari karyawan atau calon karyawan. Berikut adalah beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan oleh HRD dan jawabannya:

1. Apa saja persyaratan yang dibutuhkan untuk melamar pekerjaan di perusahaan ini?

Sebelum melamar pekerjaan di sebuah perusahaan, sebaiknya Anda membaca syarat-syarat yang dibutuhkan terlebih dahulu. Biasanya syarat-syarat tersebut akan tertera pada lowongan kerja yang dipublikasikan oleh perusahaan. Beberapa persyaratan yang umumnya dibutuhkan antara lain:

  • CV yang lengkap
  • Surat lamaran kerja
  • Fotokopi KTP, ijazah, dan transkrip nilai
  • Pas foto terbaru
  • Pengalaman kerja (jika ada)

Namun, persyaratan yang dibutuhkan bisa berbeda-beda tergantung pada perusahaan dan jenis pekerjaan yang dilamar.

2. Bagaimana cara melamar pekerjaan di perusahaan ini?

Setelah mengetahui syarat-syarat yang dibutuhkan, Anda bisa mengirimkan lamaran kerja melalui email atau mengirimkannya langsung ke alamat perusahaan.

Pastikan Anda sudah mengikuti semua instruksi yang tertera pada lowongan kerja dan jangan lupa untuk menulis surat lamaran yang baik dan menarik perhatian HRD.

Baca Juga: Ingin Bisnis Melesat? Lengkapi dengan 4 Jenis Pembayaran Online Bisnis ini!

3. Berapa lama proses seleksi penerimaan karyawan?

Proses seleksi penerimaan karyawan bisa memakan waktu yang cukup lama tergantung pada jumlah pelamar dan jenis pekerjaan yang dilamar.

Biasanya proses seleksi akan dilakukan dalam beberapa tahap, seperti seleksi administrasi, tes tertulis, wawancara, dan tes psikologi. Setelah tahap-tahap tersebut selesai, HRD akan memutuskan siapa yang akan diterima sebagai karyawan baru.

4. Bagaimana cara mengetahui apakah lamaran kerja saya diterima atau tidak?

Setelah melamar pekerjaan, Anda bisa menanyakan langsung kepada HRD mengenai status lamaran kerja Anda. Namun, sebaiknya Anda menunggu selama beberapa waktu terlebih dahulu karena proses seleksi penerimaan karyawan memang memakan waktu yang cukup lama.

Jangan lupa untuk menyertakan nomor telepon atau alamat email yang bisa dihubungi oleh HRD.

5. Bagaimana cara mengetahui gaji yang ditawarkan oleh perusahaan ini?

Umumnya, gaji yang ditawarkan oleh sebuah perusahaan akan tertera pada lowongan kerja yang dipublikasikan. Namun, jika gaji tidak tertera atau Anda ingin mengetahui lebih detail mengenai gaji yang ditawarkan, Anda bisa menanyakan langsung kepada HRD.

Pastikan pertanyaan tersebut ditanyakan dengan sopan dan tidak terlalu fokus pada gaji saja.

6. Bagaimana jika saya memiliki pertanyaan atau masalah terkait pekerjaan?

Jika Anda memiliki pertanyaan atau masalah terkait pekerjaan, jangan ragu untuk menghubungi HRD. Mereka akan membantu Anda menyelesaikan masalah atau menjawab pertanyaan dengan baik dan sopan. Selain itu, Anda juga bisa menghubungi atasan langsung atau rekan kerja untuk mendapatkan bantuan atau saran.

7. Bagaimana cara mengajukan cuti?

Untuk mengajukan cuti, biasanya perusahaan akan memiliki aturan dan prosedur yang harus diikuti. Anda bisa menanyakan kepada HRD mengenai aturan dan prosedur tersebut. Pastikan Anda mengajukan cuti dengan waktu yang cukup dan memberitahu atasan atau HRD terlebih dahulu.

8. Apakah perusahaan ini memiliki program pelatihan atau pengembangan karyawan?

Banyak perusahaan yang memiliki program pelatihan atau pengembangan karyawan. Jika Anda ingin mengetahui apakah perusahaan ini memiliki program tersebut, Anda bisa menanyakan langsung kepada HRD.

Program pelatihan atau pengembangan karyawan bisa membantu meningkatkan keterampilan dan pengetahuan karyawan sehingga bisa lebih produktif dan berkembang di perusahaan tersebut.

9. Bagaimana cara mengajukan kenaikan gaji?

Jika Anda ingin mengajukan kenaikan gaji, pastikan Anda sudah bekerja dengan baik dan memenuhi target kerja yang diberikan.

Anda bisa menanyakan kepada HRD mengenai aturan dan prosedur untuk mengajukan kenaikan gaji. Sebaiknya ajukan permintaan kenaikan gaji dengan alasan yang jelas dan tidak terlalu fokus pada kenaikan gaji saja.

10. Apakah perusahaan ini memiliki asuransi kesehatan atau program kesejahteraan lainnya untuk karyawan?

Banyak perusahaan yang memiliki program kesejahteraan untuk karyawan, seperti asuransi kesehatan, program kesehatan, atau program kebugaran. Jika Anda ingin mengetahui apakah perusahaan ini memiliki program kesejahteraan, Anda bisa menanyakan langsung kepada HRD.

Program kesejahteraan bisa membantu menjaga kesehatan dan kesejahteraan karyawan sehingga bisa lebih produktif dan bahagia di tempat kerja.