MANFAAT MERAWAT BANTALAN RODA MOBIL ANDA

Bantalan roda mobil atau biasa dikenal dengan Bearing roda merupakan dudukan poros as roda mobil. Bantalan roda berfungsi untuk mendukung perputaran poros roda. Dari mengunci poros hingga memuluskan perputaran roda, bantalan roda berpengaruh langsung pada manuver dan pengendalian kendaraan.

Kesalahan atau kerusakan pada bantalan roda dapat membuat pengalaman berkendara menjadi terganggu dan tidak maksimal. Bahkan, jika tidak dirawat dengan baik dan benar, dapat dipastikan roda tidak akan berputar sebagaimana seharusnya. 

Besar manfaat merawat bantalan roda mobil Anda. Selain mengurangi biaya dalam penggantian bearing roda, manfaat utamanya adalah tentu untuk menjaga manuver kendaraan tetap prima. Lantas, bagaimana cara merawat bantalan roda yang baik dan benar? 

Tips Merawat Bantalan Roda

  • Perhatikan banyaknya gemuk pelumas

Saat memasang Bearing atau bantalan roda yang masih baru, pastikan untuk tidak mengelap gemuk pelumas yang ada. Sebab, gemuk pelumas yang ada pada Bearing baru diformulasikan khusus untuk pemakaian awal.

Penambahan gemuk pelumas juga jangan dilakukan secara berlebihan saat pemeliharaan. Gemuk pelumas yang menumpuk dapat menambahkan kotoran pada bantalan roda. 

  • Jadwalkan OH (Overhaul) Bearing secara berkala

Agar bantalan roda lebih tahan lama, pastikan untuk melakukan perawatan OH Bearing secara berkala. Biasanya hal ini dilakukan setiap jarak tempuh menginjak 20.000 km. Selain untuk membersihkan bantalan roda dari kotoran, teknisi akan menggantikan grease atau gemuk pelumas sesuai dengan anjuran optimal.

Lebih baik lagi jika OH Bearing dilakukan setiap kelipatan 10.000 km, sehingga masa pakai bantalan roda bisa semakin panjang.

  • Hindari mengebut di jalanan tidak mulus

Jalanan yang tidak mulus atau bergelombang serta berkerikil dapat perlahan merusak kinerja bantalan roda. Maka, saat mendapati jalanan yang lebih menantang, untuk menjaga ketahanan bantalan roda mobil Anda, sebaiknya tidak perlu menambah kecepatan.

  • Hindari membuka kedua penutup Bearing secara bersamaan

Meski kami menyarankan untuk menambahkan gemuk pelumas langsung dengan teknisi ahli, jika Anda ingin menambahkan gemuk pelumas sendiri di rumah, pastikan untuk membuka penutup bearing pada satu sisi saja. Pastikan juga tidak dalam keadaan hujan, karena air hujan yang mengandung asam dapat masuk ke bantalan roda dan merusak kondisi bearing.

Itulah tips merawat bantalan roda mobil agar pengalaman berkendara Anda tetap nyaman dan Bearing Anda lebih awet. Lakukan perawatan bantalan roda mobil Anda di bengkel resmi Suzuki terdekat. 

Dapatkan juga informasi terbaru tentang mobil unggulan Suzuki untuk tipe city car, hatchback, hingga pick up seperti Suzuki Carry. Kunjungi dealer resmi Suzuki di kota Anda untuk test drive dan dapatkan harga pick up ataupun city car terbaik sesuai dengan kebutuhan Anda.

Wiaam Rifqi Abror

yang dapat menggapainya adalah si bodo yang terus berjalan

Recent Post