Selamat datang di wiaamrifqi.com

Fungsi Hormon Melatonin Secara Umum dan Manfaat Untuk Tubuh

hormon tidur

Tidur adalah salah satu kebutuhan bagi tubuh Anda, sama seperti halnya Anda makan. Saat tidur, memang Anda memberikan waktu khusus tubuh dalam mempersiapkan diri menjalankan aktivitas untuk hari berikutnya. Bukan hanya sekedar memejamkan mata, ada berbagai macam proses dalam tubuh yang membuat Anda dapat tidur dengan nyaman, salah satunya yaitu hormon melatonin yang ikut bekerja.

Lantas, apa saja kegunaan hormon Melatonin Secara Umum pada tidur Anda? Adakah masalah kesehatan yang akan membuat produksi hormon tersebut akan dapat terganggu? Hormon Melatonin memiliki sebutan lain, yaitu berupa hormon tidur. Ya, hormon ini  merupakan salah satu bentuk hormon alami yang di produksi oleh kelenjar pineal pada otak dan selanjutnya di lepaskan ke aliran darah.

Tubuh secara alami di sini akan memproduksi hormon ini pada malam hari. Produksinya hormon akan terhenti pada saat tubuh mendapatkan cahaya. Fungsi dari hormon ini yaitu untuk bisa membantu mengatur ritme sirkadian dan meningkatkan kualitas tidur Anda. Ritme sirkadian merupakan sebuah jam biologis tubuh yang mengatur waktu Anda bangun dan tidur. Walaupun produksi hormon Melatonin Secara Umum ini pada malam hari, prosesnya dapat saja terganggu pasalnya berbagai hal, seperti:

Ini Dia Fungsi Hormon Melatonin Secara Umum dan Manfaat Untuk Tubuh

  • Cahaya biru berasal dari layar ponsel, komputer, atau TV

Gadget Anda akan menghasilkan cahaya biru. Jika Anda memainkan gadget pada malam hari, maka jelas cahaya gadget yang masuk ke mata dapat mengganggu proses produksi hormon melatonin. Akibatnya, tidak hanya akan membuat Anda semakin mengantuk, melihat layar ponsel di waktu tidur, dapat membuat Anda semakin susah tidur dengan nyenyak.

  • Minum kopi pada waktu malam hari

Minum kopi pada waktu malam hari dapat jadi penyebab Anda susah tidur. Hal ini tentunya karena kopi mengandung kafein yang meningkatkan kewaspadaan. Di samping itu, ternyata kandungan kafein pada kopi juga dapat mengganggu fungsi ritme sirkadian yang berkaitan erat dengan hormon ini. Bisa juga Anda simpulkan, jika kafein dapat mengganggu fungsi hormon tidur.

  • Usia yang semakin hari bertambah tua

Menuanya usia sebenarnya tidak akan selalu mengganggu produksi hormon melatonin. Namun, menurunkan kemampuan tubuh untuk bisa memproduksi hormon lantaran fungsi tubuh yang juga melemah. Maka dari itulah, lansia sering kali susah untuk tidur lantaran hal tersebut berkaitan dengan melemahnya ritme sirkadian dan produksi hormon tidur.

Cara alami dapat meningkatkan hormon melatonin

  1. Konsumsi makanan yang ada kandungan hormon melatonin

Studi pada Food and nutrition research yang berbasis hewan mamalia menunjukkan jika mengkonsumsi susu di malam hari dapat meningkatkan kadar melatonin. Umum, susu sendiri ini memiliki kandungan hormon melatonin, meski tidak tinggi kadarnya.

Selain susu, penelitian juga menunjukkan jika vitamin B6 baik itu sendiri atau di kombinasikan dengan asupan zinc, folat, dan magnesium dapat meningkatkan plasma melatonin. Nah, dengan mengonsumsi makanan yang kaya B6 dan nutrisi lainnya dari sayuran, buah, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

  1. Lakukan meditasi setiap saat

Cara lain untuk bisa meningkatkan kadar hormon melatonin yaitu dengan melakukan meditasi. Manfaat ini Dapat Anda peroleh jika melakukan meditasi selama 20-30 menit sebelum tidur. Naiknya kadar hormon tidur pada saat meditasi ini kemungkinan membuat berkurangnya paparan cahaya sekitar ketika seseorang menutup mata.

Selain melakukan cara tersebut, akan lebih baik lagi bila Anda di sini menghindari segala hal yang dapat mengganggu produksi melatonin. Hindari bermain ponsel berlebihan, menonton TV, atau mencari informasi lewat komputer Anda pada saat menjelang tidur. Ciptakan suasana tidur yang nyaman, yang jauh dari kebisingan dan juga adanya cahaya ruangan yang redup.

Jadi seperti itu kiranya fungsi hormon Melatonin Secara Umum. Semoga bermanfaat bagi anda yang membutuhkan informasi lengkap tentang hormon yang satu ini. Salam sehat selalu!!!

Respon (1)

Komentar ditutup.