Butuh investor buat bikin bisnis, begini cara membuat proposal ide bisnis

Berbisnis bukan sekedar menjual barang dan laku saja. Namun di dalamnya ada proses strategy, investment, dll. Bagi anda yang ingin memulai sebuah bisnis tentunya step – step ini sangat penting anda pertimbangkan.

Namun bagi anda yang sudah punya bisnis tapi belum ada proposal atau business plan bisa menjadi inspirasi baru untuk anda.

Dengan adanya proposal bisnis banyak benefit yang bisa kita miliki. Salah satunya kemudahan saat mengajukan kepada investor.

Jika anda bingung mencari investor, maka di jaman sekarang anda sangat beruntung. Sekarang banyak sekali lomba business plan yang diadakan di setiap daerah.

Lombanya mulai dari tingkat kabupaten sampai nasional dengan door prize yang sangat menggiurkan dan sangat cukup untuk modal usaha.

Berikut adalah beberapa tips ataupun cara membuat proposal ide bisnis.

  1. Menentukan ide bisnis

"cara

Langkah pertama anda harus sudah menentukan ide bisnis. Dari mana ide itu? Cara mendapatkan ide paling simple adalah anda bisa melihat permasalahan di sekitar anda. Kemudian temukan solusinya.

Masalah seperti apa yang bisa dibuat proposal ide bisnis? Contoh, ada surplus atau kelebihan barang atau bahan, seperti daerah saya kelebihan ikan saat panen raya.

Hal itu membuat petani tambak rugi karena daya tahan ikan segar Cuma sebentar. Akhirnya saya memikirkan untuk membuat mie instan yang berbahan dasar dari ikan.

Selanjutnya adalah bisa riset pasar melalui google trend, apa ajasih yang lagi trend dan dibutuhkan oleh banyak orang. Karena untuk membuat bisnis anda harus bisa menemukan sesuatau yang dibutuhkan oleh pasar yang ada.

Itu akan membuat bisnis anda pasti laku. Namun jika anda kurang memahami google trend dll. Anda Cuma perlu cari di berita, di sosmed ataupun media lainya.

Intinya sebelum membuat ide bisnis harus ada pasar yang menerima barang atau jasa anda.

  1. Bab Pertama membuat proposal ide bisnis

"cara

Bab pertama dalam membuat proposal ide bisnis adalah pendahuluan. Dalam pendahulian terdapat beberapa isi. Yang pertama adalah Latar belakang.

Latar belakang adalah alasan anda membuat bisnis tersebut. Dimana anda harus menempatkan masalah yang anda temukan. Hal itu untuk memperkuat solusi yang anda tawarkan.

Selanjutnya adalah visi dan misi. Visi misi anda harus di camtumkan dengan keyakinan yang kuat agar investor yakin bahwa anda mampu untuk menjalankan bisnis dan menguntungkan.

Kemudian deskripsi produk atau jasa yang anda tawarkan. Di sini anda jelaskan bisnis yang mau dibuat secara detail dan menyakinkan.

Berikutnya ada keunggulan. Pada sub bab ini anda harus mencantumkan keunggulan bisnis yang anda jalankan. Namun anda juga harus bisa memberikan perbedaan yang signifikan pada bisnis anda yang bisa jadi perbandingan dengan bisnis lain.

Selanjutnya ada analisis SWOT apasih itu? Pada hal ini anda harus menjelaskan keunggulan, kelemahan, kesempatan dan ancaman yang ada pada bisnis anda.

  1. Bab ke dua membuat proposal ide bisnis

"cara

Trik cara membuat proposal ide bisnis selanjutnya adalah sub bab gambaran produk. Pada bab ini anda usahakan untuk membuat visualisasi yang menarik untuk bisnis anda.

Karena visualisasi yang menarik juga dapat menambah keyakinan investor untuk memberikan anda modal usaha.

Selanjutnya ada analisa pasar. Di sini anda diminta untuk membuat analisa dan reng reng pasar yang anda bidik, segment pasar, kemudian positioning produk anda dan targeting pasar.

Pada bab ini juga terdapat analisa keuangan bisnis anda. Dimana analisa keuangan ini akan menjadi point penting untuk investor mau memberi moda kepada anda.

Saat analisis keuangan sudah memberikan angka yang fantastic dan meyakinkan. Maka investor akan langsng memberikan modal kepada anda.

  1. Bab ke tiga membuat proposal ide bisnis

Pada bab ini adalah bab terakhir pada pembuatan proposal bisnis plan. Di dalamnya berisi kesimpulan yang anda rangkum dari bab pertama hingga akhir.

Dan bab ini juga harus bisa memberikan keyakinan kepada investor agar memutuskan keputusan terakhirnya untuk memberi modal ataupun tidak.

Baca juga : Jual Produk Hni Lamongan dan Bantuin anda bangun tokonya !

Demikian cara membuat proposal ide bisnis semoga bermanfaat bagi semuanya. Jika anda mau tanya – tanya, atau sharing ilmu bisa melalui wiaamrifqi.com. dan saya akan mencoba memberikan yang terbaik untuk menjawab. Terimakasih….

Wiaam Rifqi Abror

yang dapat menggapainya adalah si bodo yang terus berjalan

Recent Post