Selamat datang di wiaamrifqi.com
Bisnis  

Bagaimana Cara Alih Profesi yang Benar?

Gaji Pengenmbang web

Ini akan menjadi pertanyaan yang ditanyakan setiap orang setidaknya sekali dalam hidup mereka, tetapi tidak semua orang tahu bagaimana melakukan alih profesi dengan benar. Berjuang untuk menjadi sempurna – tujuan hidup atau tekanan untuk “tumbuh”?

Menurut Blogger – Penulis buku terkenal Mark Mason, sebuah profesi akan dianggap “memuaskan” jika itu adalah kesamaan dari tiga faktor:

  • apa yang Anda hargai,
  • apa yang Anda kuasai, dan
  • apa yang dibutuhkan masyarakat.

Penelitian menunjukkan bahwa orang menghabiskan seperempat hidupnya hanya untuk tidur. Dan kami juga menghabiskan seperempat dari sisa waktu kami untuk bekerja.

Bagaimana Anda melakukan alih profesi?

Menghabiskan banyak waktu di tempat kerja, semua orang akan mengira kita bisa memilih pekerjaan yang menyenangkan, atau paling tidak, Anda masih merasakan sesuatu yang menyenangkan untuk sebagian besar waktu kerja Anda. Tetapi kebenaran yang menyedihkan adalah bahwa lebih dari 80% orang tidak suka pergi bekerja, yang berarti lebih dari 80% orang membenci sebagian besar waktu yang mereka jalani.

Coba pikirkan, rasio ini berarti bahwa 4 dari 5 orang bangun setiap pagi untuk melakukan sesuatu yang mereka benci, dan menerima untuk terus melakukannya hari demi hari.

Alih profesi memang tidak pernah mudah, apalagi bagi Gen Z yang sedang mempersiapkan diri untuk masuk universitas. Tentu saja, apa yang Anda pelajari tidak menentukan apakah akan terus menempuh jalan itu di masa mendatang.

Tapi, memilih profesi yang “tepat” langsung dari ruang kuliah membantu Anda untuk tidak bersusah payah mencari cara untuk “melompat” nanti, waktu – tenaga – uang tidak akan terbuang percuma.

Oleh karena itu, 3 faktor yang diberikan Mark Manson adalah asisten yang efektif untuk membantu Anda memilih arah profesi yang tepat.

Pilih profesi yang berkaitan dengan hal-hal yang Anda hargai

Kebanyakan orang sering mulai memilih profesi dengan bertanya pada diri sendiri: “Apa yang saya sukai?” dan kemudian mulai memikirkan semua hal keren yang mereka suka lakukan hanya untuk bersenang-senang dan kemudian mengeluh bahwa hal-hal tersebut tidak menghasilkan uang.

Tetapi Mark percaya bahwa menanyakan “Apa yang Anda hargai” adalah hal yang nyata untuk dilakukan. Jika kita menghargai apa yang kita lakukan, tentunya Anda tidak hanya akan lebih menikmati hal-hal, tetapi Anda juga akan dapat menemukan makna dalam pekerjaan, dan itu adalah kunci untuk membantu Anda mengatasi rintangan di masa sulit.

Hal-hal yang Anda hargai tidak harus berupa ide yang tinggi. Terkadang itu hanya masalah yang sangat kecil dalam kehidupan sehari-hari dan Anda ingin menyelesaikannya. Tidak hanya itu, Anda juga bisa melakukannya dengan suasana hati yang gembira dan menikmati setiap momennya.

Pilih Profesi yang berkaitan dengan hal-hal yang Anda kuasai

Setelah Anda mulai memikirkan apa yang Anda hargai, Anda dapat melanjutkan ke langkah 2: temukan hal-hal yang Anda kuasai. Misalnya, Anda pandai dalam perhitungan, analisis anggaran, pengelolaan uang, plus Anda sangat mementingkan masalah keuangan pribadi, boom, Anda akan melakukannya dengan baik dalam pekerjaan yang berhubungan dengan keuangan. .

Satu lagi, jangan lupakan soft skill! Untuk bisa “survive” di jalur profesi, Anda perlu memiliki cukup banyak keterampilan yang berkaitan dengan bidang yang Anda tekuni. Menguasai keterampilan seperti bagaimana bekerja dengan orang, manajemen proyek atau keterampilan manajemen emosi juga penting untuk diterapkan pada pekerjaan tertentu.

Pilih profesi yang terkait dengan apa yang dihargai dunia

Langkah terakhir adalah proses menemukan sesuatu yang menghasilkan uang bagi Anda!

Ketika Anda telah menemukan apa yang Anda inginkan, Anda melakukannya dengan baik, tetapi Anda tidak dapat menghasilkan uang, itu hanya hobi, bukan profesi. Terkadang, hobi bisa memuaskan kesenangan, tapi tidak membuat Anda kenyang. Anda perlu dibayar untuk nilai yang telah Anda sumbangkan kepada dunia, tetapi nilai apa yang dunia berikan kepada Anda?

Dari nilai yang Anda hargai di langkah 1 dan kekuatan Anda di langkah 2, lihat apakah ada peluang yang tersedia di pasar, dan mungkin cari tahu apa yang hilang dari pasar untuk menebusnya. .

Dalam bimbingan profesi, Gen Z harus mempertanyakan apakah industri yang ingin Anda kejar dapat membantu menciptakan apa yang dibutuhkan orang agar bersedia membayarnya. Jika jawabannya ya, jangan ragu untuk mengejar impian Anda.

Jalur profesi masa depan, bagaimana disebut “benar”? Artinya, setiap pagi saat bangun tidur, Anda ingin buru-buru bekerja dengan semangat, bukan mematikan alarm dan kembali tidur. Ini adalah pekerjaan yang paling sering membuat Anda bahagia, dan bahkan saat stres, Anda tetap senang berkontribusi.

Tak ada salahnya jika anda mengikuti program alih profesi bersama arkademi untuk mencapai sukses di masa depan.

Respon (1)

Komentar ditutup.