Asuransi TLO

Asuransi TLO Adalah? Pengertian dan Kerusakan yang Bisa Diklaim

  Asuransi TLO adalah salah satu pilihan produk asuransi yang bisa kita pilih untuk melindungi kerusakan mobil. Layaknya asuransi kesehatan, asuransi mobil dan kendaraan bermotor juga punya beberapa jenis.

Jika kebanyakan dari kita masih bingung tentang perbedaan asuransi TLO dan All Risk, mari pelajari bersama apa dengan dimulai dari penjelasan asuransi TLO dulu. Salah satu menfaat perlindungan yang bisa diperoleh adalah cat rusak pada kendaraan kesayangan.

Meski begitu, kita harus riset sendiri tempat cat mobil yang kualitasnya bagus, misalnya biaya cat mobil di Jakarta Barat yang sudah terkenal. Atau pilihan lainnya adalah mendaftarkan mobil ke asuransi All Risk di mana mereka bisa mengganti segala macam kerusakan pada mobil baik kecil maupun besar.

Buat lebih jelasnya mengenai asuransi TLO, mari simak selengkapnya dalam pemaparan berikut.

Apa Itu Asuransi TLO?

TLO adalah singkatan dari Total Loss Only. Artinya, asuransi ini hanya akan mengganti kerugian bila mobil benar-benar rusak dan tidak bisa digunakan kembali dalam waktu dekat.

Kerusakan yang bisa diklaim menggunakan asuransi TLO ada banyak, misalnya:

  • Rusak karena bencana alam
  • Kerusakan karena kecelakaan
  • Kerugian karena menjadi korban huru-hara dan kerusuhan
  • Kerugian karena mobil dicuri atau hilang

Bisa kalian lihat sendiri, kecurian mobil juga termasuk kasus yang akan diganti oleh produk asuransi ini. Pasalnya, kita tidak bisa menggunakan mobil tersebut lagi selama kendaraan belum ditemukan.

Kelebihan Asuransi TLO

Berikut ini adalah beberapa kelebihan asuransi TLO untuk melindungi kendaraan:

Premi Murah

Produk asuransi TLO punya premi paling murah dibandingkan pilihan asuransi lainnya. Bahkan premi per bulannya hanya di bawah 100 ribu saja.

Dengan menetapkan tarif lebih murah, diharapkan masyarakat tidak merasa terbebani dengan perlindungan finansial atas kendaraan pribadi mereka.

Meskipun begitu, jumlah klaim yang akan diganti oleh pihak perusahaan juga cukup besar. Beberapa perusahaan bahkan akan mengganti kerugian sepenuhnya kepada tertanggung ketika terjadi masalah serius pada kendaraan.

Persyaratan Daftar Mudah

Selain karena premi yang murah, persyaratan daftar sebagai nasabah asuransi TLO juga sangat mudah.

Untuk kalian yang belum tahu, terdapat persyaratan khusus untuk mendaftarkan asuransi kendaraan. Misalnya usia kendaraan tidak boleh di atas 5 tahun, kondisi mesin harus masih bagus, angka kilometer harus di bawah jumlah tertentu, dan lain-lain.

Sedangkan untuk daftar asuransi TLO, kita hanya perlu melampirkan informasi lengkap mengenai kendaraan yang ingin dimasukan ke dalam polis.

Nantinya pihak perusahaan akan datang dan mengecek sendiri kondisi kesehatan mobil dan memutuskan diterima atau tidaknya pengajuan asuransi tersebut.

Satu Kali Klaim

Asuransi TLO hanya membutuhkan satu kali klaim saja, yaitu ketika kerusakan mobil melebihi level yang sudah ditentukan. Umumnya, perusahaan asuransi akan menetapkan level kerusakan antara 70% hingga 80% dari segi fisik maupun mesin kendaraan.

Setelah mengajukan klaim, kita akan dihadapkan dengan dua kemungkinan.

  • Mobil akan diperbaiki sampai bisa beroperasi lagi tanpa bayar sepeserpun
  • Akan dicairkan dana sesuai dengan kesepakatan antara pemegang polis asuransi.

Lengkap dengan Paket Asuransi Jiwa

Kelebihan lainnya dari asuransi TLO adalah sudah satu paket dengan asuransi jiwa. Sehingga kalau memang kita tidak ingin mendaftar ke asuransi kesehatan secara terpisah, akan ada santunan dari produk asuransi kendaraan ini.

Meski begitu, nominal santunan dari perlindungan jiwa asuransi TLO tidak sebesar asuransi kesehatan yang asli.

Bagaimana dengan Kerusakan Kecil pada Mobil?

Lain halnya jika body mobil rusak di atas 70% namun masih bisa berjalan. Untuk kasus seperti ini, asuransi TLO masih bisa mengganti rugi seluruh biaya cat dan perbaikan body mobil melalui klaim yang diajukan oleh pihak penanggung.

TLO menjadi perlindungan untuk kerusakan tingkat besar pada kendaraan. Sedangkan untuk kerusakan kecil, kita harus memperbaikinya dengan uang sendiri.

Sebagai contoh, bila cat mobil kita tergores, asuransi TLO tidak bisa mengganti kerugian biaya perbaikan masalah ini.

Untuk kita yang punya mobil tua atau jarang menggunakan mobil sehari-hari, asuransi TLO adalah pilihan terbaik karena sesuai dengan kebutuhan. Sedangkan bila kita menggunakan mobil tiap hari untuk pulang-pergi ke kantor, maka kita butuh asuransi yang punya perlindungan lebih lengkap dibandingkan Total Loss Only.

Wiaam Rifqi Abror

yang dapat menggapainya adalah si bodo yang terus berjalan

Recent Post