Selamat datang di wiaamrifqi.com

8 Komponen Yang Harus Dicek Saat Servis Motor

yang harus dicek saat servis motor

Servis motor secara teratur biasanya dilakukan setelah motor mencapai jarak tempuh tertentu. Komponen yang harus dicek saat servis motor mencakup pemeriksaan saluran bahan bakar, kondisi mesin, sistem rem, tuas gas, minyak mesin, minyak gardan, ban, dan lain-lain. Untuk mendapatkan pemahaman menyeluruh mengenai keperluan servis motor, penggantian oli motor matic dan lainnya, silakan simak artikel ini sampai selesai.

1. Oli Mesin

Oli mesin berperan sebagai pelumas, pendingin, dan perlindung mesin. Oleh karena itu, mengganti oli secara rutin setelah menempuh jarak tertentu menjadi hal yang penting. Namun secara umum, penggantian oli dilakukan ketika telah mencapi 2500 km. Biasanya, biaya yang dikeluarkan meliputi pembelian oli (harga tergantung merek) dan biaya layanan penggantian oli.

Namun beberapa tahun terakhir, beberapa pabrikan/retailer otomotif telah berani mengusulkan penggantian oli lebih lama hingga 5000 kilometer, dua kali lipat dari umumnya. Inovasi ini muncul dari penggunaan teknologi ester dalam oli yang mereka pasarkan. 

Oleh karena itu, wajar bagi retailer ini untuk mengklaim penggantian dua kali lipat lebih lama dari minyak biasa, karena menggunakan base oli tertinggi dalam kelas tersebut.

oli ester

Sumber: https://planetban.com/oli-motor-matic

2. Oli Gardan 

Pengguna motor matic perlu secara rutin mengganti oli gardan. Hal  ini dikarenakan oli gardan berperan dalam melumasi gigi yang ada dalam Continuously Variable Transmission (CVT). Jadwal penggantiannya melibatkan dua kali penggantian oli mesin, diikuti dengan satu kali penggantian oli gardan.

3. Busi 

Busi adalah komponen di motor yang berfungsi mengubah arus listrik dari koil menjadi percikan api untuk menghidupkan mesin. Jika busi tidak berfungsi baik, mesin bisa sulit dinyalakan. Oleh karena itu, penggantian busi secara rutin menjadi penting.

Baca Juga: Keunggulan Teknologi Lumiflo pada Mesin Pemanas Air Instan Champs Industrial

4. Kampas Rem 

Keselamatan dan keamanan dalam berkendara menjadi faktor yang sangat penting. Salah satu komponen yang memiliki dampak besar terhadap keselamatan dalam berkendara adalah sistem pengereman. 

Jika kampas rem menjadi tipis, kemampuan pengereman menurun, yang berpotensi menyebabkan risiko kecelakaan. Inilah alasan mengapa kondisi kampas rem perlu selalu diperiksa saat melakukan servis motor.

5. Filter Udara

Filter udara berfungsi menyaring udara yang masuk ke ruang pembakaran untuk mencegah masuknya kotoran yang dapat menyumbat sistem injeksi dan karburator. Biasanya, pemeriksaan dilakukan terlebih dahulu sebelum mekanik memutuskan apakah filter udara masih dapat dibersihkan atau perlu diganti.

6. Aki atau Accu 

Tegangan ideal pada aki adalah antara 12,3 hingga 12,6 Volt dalam kondisi mesin mati. Saat mesin menyala, tegangan aki berkisar antara 13,7 hingga 14,2 Volt. Jika tegangan aki tidak sesuai dengan ketentuan ini, atau ditemukan kebocoran atau karat pada terminal, maka mekanik perlu melakukan pemeriksaan detail. Aki yang tidak layak harus segera diganti agar penggunaan motor tetap nyaman.

7. Ban 

Pemeriksaan ban secara berkala juga sangat penting. Idealnya, kondisi ban harus diperiksa sebelum motor digunakan. Namun saat servis motor, mekanik akan fokus pada tekanan udara dalam ban, kondisi ban secara keseluruhan (kedalaman alur ban), dan faktor lainnya.

8. Tune up Motor Rutin 

Servis tune up motor adalah servis berkala yang mencakup pemeriksaan seluruh komponen, terutama yang berhubungan dengan performa motor secara keseluruhan. Pemeriksaan ini melibatkan tekanan ban, kondisi lampu, membersihkan karburator (filter udara), memeriksa ketegangan rantai, sistem rem, dan klakson. 

Terkadang, servis tune up juga melibatkan penggantian oli mesin, oli gardan, atau komponen lainnya. Namun, mekanik akan memberi informasi terlebih dahulu sebelum melakukan perbaikan.

Baca Juga: Kulkas 1 Pintu Polytron Belleza, Solusi Penyimpanan Yang Luas dan Canggih

Bengkel Servis Motor Terbaik 

Untuk mendapatkan layanan yang berkualitas, penting untuk mencari bengkel servis motor yang terpercaya. Salah satu contohnya adalah Planet Ban. Di bengkel ini, Anda bahkan dapat merasakan layanan servis motor seolah-olah memiliki mesin baru. Konsep ini disebut “servis mesin baru.” 

Tujuannya adalah untuk meningkatkan performa dan ketahanan motor secara cepat dan efisien. Fokusnya pada pemeriksaan dan perbaikan komponen vital yang sering terlupakan dan jarang diservis, termasuk yang jarang diperiksa dan disetel secara berkala.      

Lalu, Apa Manfaatnya Melakukan Servis di Planet Ban?

  • Penggunaan oli dan cairan khusus dengan teknologi tinggi meningkatkan performa motor dan melindungi mesin. Hal ini membuat mesin lebih awet (jarang mengalami kerusakan). 
  • Jika digabungkan dengan penggunaan suku cadang asli, pengalaman berkendara menjadi lebih nyaman, komponen lebih tahan lama, mesin lebih dingin, dan akselerasi lebih enteng. 
  • Penggantian oli mencapai 5000 kilometer (sekitar 4-6 bulan sekali), mengurangi frekuensi kunjungan ke bengkel dan menghemat biaya servis.
  • Anda juga ikut serta dalam menjaga lingkungan dengan mengurangi emisi dan polusi dari motor. 

Perbedaan Servis Motor di Planet Ban dengan Tempat Lain 

Saat melakukan servis di tempat lain, seringkali terdapat sisa kotoran, debu, dan hasil pembakaran yang masih menempel pada beberapa komponen mesin motor. Bahkan, seringkali terdapat kotoran dan debu di blok CVT yang membuat motor terasa berat.

Namun, saat Anda melakukan servis motor rutin di Planet Ban, semua bagian atau komponen mesin akan dibersihkan hingga seperti baru. Bahkan komponen seperti kepala silinder, blok CVT, katup mesin, piston, dan throttle body akan bebas dari sisa hasil pembakaran, debu, dan kotoran sehingga tampak seperti mesin baru.

Ya, servis motor di Planet Ban memberikan pengalaman layaknya memiliki mesin baru. Hasilnya, akselerasi menjadi lebih enteng, emisi berkurang lebih dari 70%, efisiensi bahan bakar meningkat, dan mesin menjadi bersih secara total.

Selain itu, layanan servis motor di Planet Ban juga terjangkau. Servis motor injeksi hanya Rp20.000, servis CVT termasuk rantai Rp19.500, dan servis throttle body juga hanya Rp20.000.

Sekarang, setelah mengetahui manfaat inspeksi motor yang rutin dan komponen yang perlu diservis, coba ingat kembali kapan Anda terakhir kali melakukan servis motor? Jika diperlukan servis motor atau penggantian oli motor matic silahkan kunjungi Planet Ban dan dapatkan layanan terbaik untuk pengalaman servis motor seolah memiliki mesin baru.

Respon (5)

  1. Keren… insight baru nihh wkwk karena sebagai perempuan ngertinya cuma pake motornya doang, padahal kan motor juga butuh perawatan hihi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *