Selamat datang di wiaamrifqi.com
Bisnis  

Berperan penting dalam penyebaran agama Islam, ini dia 7 wisata religi di Banten

7 Wisata Banten

Menjadi sebuah Provinsi yang berada di bagian ujung barat Pulau Jawa, Banten merupakan salah satu daerah yang memiliki banyak cerita mengenai sejarah penyebaran agama Islam. Napak tilas berbagai sejarah penyebaran agama Islam memang menarik untuk dipahami. Untuk memahaminya, kamu bisa mengunjungi berbagai wisata religi yang menjadi napak tilas sejarah penyebaran agama Islam oleh para ulama terdahulu. 

 Biasanya, orang-orang yang datang untuk mengunjungi wisata religi di wilayah Banten ini bertujuan untuk melakukan ziarah di makam-makam ulama para penyebar agama Islam di Banten. Tak hanya itu, kamu bisa lebih memahami soal penyebaran agama Islam di wilayah Banten ini dengan cara mengunjungi berbagai lokasi wisata religi di Banten ini. Tertarik untuk mengunjungi berbagai wisata religi dan memahami sejarah penyebaran agama Islam di Banten? Yuk, segera rencanakan keberangkatan kamu dan pesan tiket bus sekarang juga di aplikasi Traveloka! 

Berikut ini adalah beberapa destinasi wisata religi di Banten yang bisa kamu kunjungi. Penasaran apa saja? Simak ulasan selengkapnya.

  • Kompleks Pemakaman Kesultanan Banten

Destinasi wisata religi di Banten yang pertama adalah Kompleks Pemakaman Kesultanan Banten. Tempat wisata religi yang satu ini dikenal sebagai area pemakaman para bangsawan dari Kesultanan Banten. Ada beberapa keluarga yang dimakamkan disana, seperti Sultan Ageng Tirtayasa, Sultan Maulana Hasanuddin serta istrinya, Sultan Abdul Nasir Abdul Qohhar, Sultan Maulana Muhammad, pangeran Ratu, dan Sultan Zainul Abidin. Lokasi Kompleks Pemakaman Kesultanan Banten ini dekat dengan Masjid Agung Banten yang cukup populer di kalangan masyarakat yang akan berziarah di Banten ini. 

  • Kompleks Makam Sultan Maulana Yusuf

Kompleks Makam Sultan Maulana Yusuf ini biasanya menjadi salah satu destinasi favorit para peziarah yang datang dari berbagai kota untuk ziarah di Banten. Sultan Maulana Yusuf merupakan Sultan Banten kedua di Kerajaan Banten setelah Sultan Maulana Hasanuddin. Dulunya, Sultan Maulana Yusuf memiliki peranan penting bagi Kesultanan Banten. Beliau berhasil menaklukkan Kerajaan Sunda Pakuan Padjadjaran. Ketika Banten sedang dalam pimpinan Sultan Maulana Yusuf, Banten semakin berkembang sebagai kota perdagangan dan pelabuhan besar. 

Kami juga mengulas tentang Sejarah whatsapp 

 Terpisah dengan keluarga Sultan Banten lainnya, Makam Sultan Maulana Yusuf bisa kamu temukan di Kampung Kasunyatan. Kompleks Makam Sultan Maulana Yusuf ini selalu dikunjungi oleh para peziarah yang antusias untuk memahami sejarah Kerajaan Banten. 

  • Makam Syekh Abdul Jabbar

Makam Syekh Abdul Jabbar merupakan salah satu dari sekian makam ulama di daerah Banten yang wajib untuk kamu kunjungi ketika sedang menikmati wisata religi di Banten. Syekh Abdul Jabbar merupakan salah satu keturunan Sunan Kalijaga. Dulunya Beliau merupakan ulama yang sangat aktif berdakwah. Syekh Abdul Jabbar juga merupakan seorang Panglima dari Sultan Maulana Hasanuddin. 

  • Makam Syekh Muhammad Soleh

Syekh Muhammad Soleh merupakan salah satu ulama yang berperan penting dalam penyebaran agama Islam di Banten. Beliau merupakan santri dari Sunan Gunung Jati. Syekh Muhammad Soleh datang ke Banten untuk melaksanakan dakwah. Selain itu, Beliau juga ingin bertemu dengan Sultan Maulana Hasanuddin, Sultan Banten yang pertama dan merupakan putra dari Sunan Gunung Jati. Makam Syekh Muhammad Soleh menjadi salah satu destinasi wisata religi di Banten yang biasa dikunjungi oleh para peziarah dari berbagai kota. 

  • Keraton Kaibon

Keraton Kaibon merupakan destinasi wisata religi sekaligus wisata bersejarah yang sangat menarik untuk dipelajari. Berada di Kawasan Banten Lama, Keraton Kaibon ini dulunya merupakan sebuah bangunan tempat tinggal yang ditempati oleh Ratu Aisyah. Ada beberapa kisah bersejarah yang menarik untuk dipelajari mengenai Keraton Kaibon ini. Salah satunya adalah sebagai saksi perlawanan Sultan Syaifuddin yang merupakan Sultan Banten ke-21 terhadap penjajahan VOC Belanda. Setelah terjadinya penyerangan, Keraton Kaibon ini hanyalah tinggal berupa reruntuhan dari bangunan tersebut. 

  • Masjid Agung Banten

Berkunjung ke wisata religi yang ada di Banten, tentunya kamu tidak boleh melewatkan kunjungan ke Masjid Agung Banten. Masjid yang satu ini berdiri pada masa pemerintahan Sultan Maulana Hasanuddin, yang menjadikan Masjid Agung Banten sebagai salah satu masjid tertua di Indonesia. Uniknya, Masjid Agung Banten ini dibangun dengan desain arsitektur yang cukup unik. Bangunannya merupakan akulturasi dari budaya Cina, Jawa dan Eropa.  

  • Museum Situs Kepurbakalaan Banten Lama

Tertarik untuk mempelajari sejarah penyebaran agama Islam yang lebih luas lagi? Cobalah untuk berkunjung ke Museum Situs Kepurbakalaan Banten Lama. Museum ini menyuguhkan berbagai informasi mengenai sejarah dari Kerajaan Banten. Seperti contohnya sejarah Banten Lama, sejarah Keraton Kaibon, sejarah Kesultanan Banten, dan masih banyak lagi. Jika kamu tertarik untuk menggali informasi mengenai Kerajaan Banten, kamu bisa mengunjungi Museum Situs Kepurbakalaan Banten. 

Baca juga ulasan kami tentang Sejarah Aqiqah

Itu dia 7 destinasi wisata religi di Banten yang bisa kamu kunjungi untuk melihat tapak tilas berbagai sejarah penyebaran agama Islam di wilayah Banten. Mengunjungi destinasi wisata religi tentu akan memberikan pengalaman terbaru untuk kamu. Tertarik untuk mengunjungi wisata religi di Banten? Jangan lupa untuk membeli tiket bus ke Banten di aplikasi Traveloka. Dapatkan berbagai promo menarik yang tersedia hanya untuk kamu pelanggan setia Traveloka!