Penyebab Mesin Cuci Tidak Berputar

5 Penyebab Mesin Cuci Tidak Berputar dan Bagaimana Cara Mengatasinya

Mesin cuci yang sudah lama dan sering digunakan lama-kelamaan pasti akan mengalami masalah. Ada mesin cuci yang mengalami masalah parah dan ada juga mesin cuci yang mengalami masalah ringan. Salah satu masalah yang paling umum terjadi dan masih tergolong kedalam masalah ringan adalah mesin cuci tidak berputar. 

Adapun beberapa alasan yang menyebabkan mesin cuci tidak berputar antara lain karena:

  • Ada komponen dari mesin cuci yang rusak
  • Kerusakan pada sensor mesin cuci
  • Kabel listrik mengalami kerusakan
  • Dinamo mesin cuci kotor
  • Vanbelt yang sudah usang

Mesin cuci yang belum mengalami kerusakan yang terlalu parah masih bisa Anda perbaiki sendiri di rumah. Jadi, Anda tidak perlu panik ketika mesin cuci tiba-tiba mati mendadak

5 Cara Mengatasi Mesin Cuci Tidak Berputar

Berikut adalah beberapa penyebab dan cara memperbaiki mesin cuci tidak berputar sendiri di rumah, sangat mudah.

  • Baju Melebihi Kapasitas Mesin Cuci

Hal umum yang sering sekali tidak diperhatikan ketika menggunakan mesin cuci adalah mengetahui kapasitas maksimum mesin cuci. Mencuci pakaian dalam jumlah yang terlalu banyak dapat memaksakan mesin cuci berputar dan menyebabkan motor mesin cuci cepat rusak.

Sebaiknya, ketika Anda mencuci baju menggunakan mesin cuci, cukup mengisinya setengah atau maksimal 1/3 dari tabung mesin cuci. Hal ini perlu dilakukan agar mesin cuci lebih awet dan dapat dipakai dalam jangka waktu yang lebih lama.

  • Air Mesin Cuci Kering

Penyebab mesin cuci tidak berputar yang selanjutnya adalah air mesin cuci kering. Biasanya, pengguna baru mesin cuci kurang tahu batasan pengisian air untuk mencuci pakaian dengan menggunakan mesin cuci, ada yang mengisi air sampai penuh, ada juga yang mengisinya tidak sampai membuat pakaian tenggelam.

Hal ini tentu saja membuat mesin cuci tidak berputar dan hanya berdengung. Biasanya, di dalam setiap mesin cuci ada tanda untuk memberitahukan batasan air yang dapat dimasukkan ke dalam tabung cuci.

  • Permukaan Lantai Tidak Rata

Permukaan lantai yang tidak rata juga bisa menjadi salah satu penyebab mesin cuci tidak berputar kencang. Kasus seperti ini sering terjadi pada mesin cuci yang dirancang dengan sensor kuat. 

Pada permukaan lantai yang tidak rata, getaran mesin akan menjadi semakin kuat, dan hal inilah yang menyebabkan mesin rusak dan tidak mau berputar. Cara mengatasi kerusakan mesin cuci dengan kondisi seperti ini adalah dengan membuat permukaan lantai menjadi rata.

  • Mesin Pembilas Tidak Berfungsi dengan Baik

Pernah menjumpai baju yang sudah selesai dicuci tapi masih ada sabunnya? Jika pernah, hal ini biasanya terjadi karena dua kemungkinan, pertama karena jumlah pakaian yang melebihi kapasitas dan yang kedua karena mesin pembilas tidak bekerja dengan baik. 

Cara mengatasi pembilas mesin cuci yang tidak berputar dengan baik adalah dengan memeriksa bagian pemasok air dan lihat apakah ada yang menyumbat. Jika Anda sudah melakukan pengecekan tapi mesin cuci masih bermasalah, maka lepas selang dan ganti dengan yang baru.

  • Kerusakan pada Kabel Listrik Mesin Cuci

Kabel listrik yang mengalami kerusakan juga bisa menjadi salah satu penyebab mesin cuci tidak berputar dan tidak berdengung. Lakukan beberapa langkah berikut ini untuk mengecek kerusakan pada kabel. Pertama cabut kabel, selanjutnya lihat pada bagian kabel apakah ada bagian yang putus atau menjumbai, setelah diketahui penyebabnya maka langsung lakukan perbaikan. 

Jika cara tersebut sudah Anda lakukan tapi mesin cuci tetap tidak mau menyala, maka segera panggil jasa service mesin cuci agar kerusakan tidak semakin melebar kemana-mana.

oh iya satu informsi yang tak kalah penting nihh. ada rekomendasi pelatihan Adobe Bootcamp terbaik dari mimin lohh. Namanya MyEduSolve, perusahaan edutech yang menyediakan ujian sertifikasi internasional. MyEdusolve juga melayani Pelatihan berbagai macam software Adobe. Salah satu kelebihan Bootcamp ini adalah peserta dapat mengikuti ujian sertifikasi resmi Adobe yaitu Adobe Certified Professonal. kalau kepo atau minat klik link disamping ya.

Wiaam Rifqi Abror

yang dapat menggapainya adalah si bodo yang terus berjalan

Recent Post